Penemuan Bayi

Didengar Warga Seperti Suara Kucing, Bayi Penuh Darah di Tepi Sungai Ciliwung Berhasil Diselamatkan

Berikut Kronologi Bayi Perempuan yang Ditemukan Warga di Tepi Kali Ciliwung Dengan Kondisi Penuh Darah di Tubuhnya

Penulis: Rendy Rutama | Editor: Lilis Setyaningsih
Tribun Tangerang/Yolanda Putri Dewanti
Bayi perempuan yang ditemukan di tepi Sungai Ciliwung kini dirawat di RS Polri Kramat Jati dalam kondisi hidup 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA  -- Seorang bayi berjenis kelamin perempuan ditemukan tidak sengaja warga di tepi Kali Ciliwung, Jalan Inspeksi Kampung Pulo, Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Rabu (1/6/2022) dini hari lalu.

Penemuan tersebut bermula saat Nasrul selaku saksi mata melihat bayi itu pada Rabu (1/6/2022) sekira pukul 02.00 WIB dini hari.

Ia bersama rekannya saat itu sedang melakukan agenda penjagaan lingkungan di wilayahnya, lalu kemudian mendapatkan laporan dari satu orang pencari ikan terkait suara-suara yang didengar ragu seperti kucing.

"Kita lagi pada ngumpul di pos nih, ya namanya jaga malam kan. Pencari ikan sapu-sapu yang biasa ngejaring di kali, nah dia mendengar suara macam suara kucing. Tapi dia ragu kalau itu kucing," kata Nasrul, Rabu (1/6/2022). 

Baca juga: Bayi yang Ditemukan di Tepi Sungai Ciliwung, Kini Dirawat di RS Polri

Mendengar suatu hal yang janggal tersebut sontak membuat pencari ikan tersebut mengambil langkah untuk menghampiri memberikan informasi ke warga yang berada di pos jaga.

Sesudahnya, warga bergegas mencari di mana titik keberadaan suara tersebut, setelah dilakukan penelusuran, ternyata posisinya tepat  berada di tepi aliran Kali Ciliwung.

Setelah sampai di lokasi sumber suara, Nasrul bersama warga lain melihat sebuah kantong plastik berwarna hitam.

"Teman-teman saya pun enggak langsung turun ke bawah (tepi kali) diperhatiin dulu kantong plastik tersebut. Dari situ muncul suara. Langsung turun ke bawah, diperhatikan lagi, ternyata plastik itu bergerak. Barulah diketahui kalau di dalamnya ada seorang bayi," ujar Nasrul.

Baca juga: Hidup, Bayi Perempuan Ditemukan Pukul 02.00 oleh Warga di Tepi Kali Ciliwung

Terlihat juga kondisi badan bayi yang dipenuhi darah, dan diduga dibuang pasca melahirkan oleh orang yang belum diketahui identitasnya.

"Saya melihat ada luka di batang hidung atas, saya minta untuk pertolongan pertama aja, tolong dibersihkan," ujar Nasrul.

Mirisnya, bayi tersebut ditemukan berada di dalam plastik berwarna hitam yang ditempatkan persis di tepi kali Ciliwung.

Setelah memastikan isi plastik hitam tersebut bayi, warga langsung lakukan pertolongan pertama dengan menyelimuti badannya dengan kain, untuk kemudian di pindahkan ke kardus.

Baca juga: Enam Orang Diperiksa Kepolisian Terkait Kasus Pembuangan Bayi di Sungai Cisadane

Lalu, bayi tersebut di pindahkan kembali di tempat yang dirasa hawanya lebih hangat dari tepian Kali Ciliwung yang dingin.

"Pas ditemukan, masih ada tali pusarnya. Bayi jenis kelamin perempuan, kita dengar terakhir sih, dalam kondisi hidup," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved