Tangerang Raya

Program Calon Pengantin Kondisi Sehat Prima Cegah Stunting di Kabupaten Tangerang

Calon pengantin di Kabupaten Tangerang wajib memeriksakan kesehatannya di puskesmas terdekat sebelum melakukan pernikahan.

istimewa
Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid saat membuka program 'Calon Pengantin Kondisi Sehat Prima' (Catin Kasep) di Gedung Serba Guna Pemkab Tangerang, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Selasa (5/7/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Calon pengantin di Kabupaten Tangerang mengikuti program Calon Pengantin Kondisi Sehat Prima (Catin Kasep) di Gedung Serba Guna Pemkab Tangerang, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang, Selasa (5/7/2022).

Kegiatan Program Catin Kasep dibuka Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang Moch Maesyal Rasyid.

Maesyal Rasyid mengatakan, Program Catin Kasep itu digagas Pemkab Tangerang dalam rangka pencegahan stunting lebih dini pada usia subur calon pengantin menjelang pernikahan.

Menurut tidak, calon pengantin wajib memeriksakan kesehatannya di puskesmas terdekat sebelum melakukan pernikahan.

"Program ini mencegah di hulu akan terjadinya stunting. Sebab di usia pasangan subur, mereka akan diperiksa kesehatannya dan mendapatkan edukasi tentang pemahaman gizi kepada calon pengantin," katanya.

Pemkab Tangerang bekerja sama dengan Kementerian Agama melalui Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap Kecamatan dalam memberikan edukasi dan bimbingan kepada calon pengantin.

Serta mendorong para calon pengantin  memiliki sertifikat kesehatan sebelum melangsungkan pernikahan.

"Stunting ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Upaya ini semua kita lakukan supaya mereka bisa melahirkan generasi sehat bebas dari stunting menuju Tangerang Gemilang," tuturnya.

Baca juga: CATAT! Kini di Kota Tangsel Sertifikat Vaksin Jadi Syarat Calon Pengantin Menikah

Baca juga: Kemenag Kota Tangsel Minta Perda Sertifikasi HIV/Aids Bagi Calon Pengantin Dapat Segera Diterapkan 

Pada kesempatan sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Desiriana Dinardianti menambahkan, pemeriksaan kesehatan kepada calon pengantin perlu dilakukan.

Alasannya, untuk mendeteksi kesehatan pasangan pengantin.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved