Piala AFF U19

Timnas Indonesia Dirugikan oleh Sistem Head to Head, Endri Irawan Minta AFF Investigasi

Timnas Indonesia gagal melaju ke semifinal, Dirugikan oleh Sistem Head to Head, Endri Irawan Minta AFF Investigasi pertandingan Thailand-Vietnam

Tribunnews/Alfarizy Ajie Fadhilah
Kiri ke kanan, Pemain Timnas Indonesia U-19 Muhammad Ferrari, Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Manajer Timnas Indonesia U-19 Endri Erawan, saat konferensi pers usai pertandingan kontra Myanmar di fase Grup Piala AFF U-19 2022, Minggu (10/7/2022) 

TRIBUNTANGERANG.COM, BEKASI - Manajer Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Endri Irawan berharap Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) melakukan investigasi terhadap tim Thailand dan Vietnam.

Harapan Endri Erawan tersebut, dilatarbelakangi oleh pertandingan yang dilakoni oleh Thailand Vs Vietnam.

Menurutnya dalam pertandingan tersebut ada unsur kesengajaan untuk bermain imbang di atas 0-0.

Pasalnya, laga tersebut menjadi faktor kunci keberhasilan lolosnya Indonesia U-19 untuk dapat melaju ke babak semifinal Piala AFF U-19 2022.

Baca juga: Gagal ke Semi Final, Shin Tae-Young Tuding Timnas Vietnam dan Thailand Bermain Tidak Sportif

Baca juga: Timnas Indonesia Cari Tiket Lolos Semifinal Piala AFF U-19 Harus Menang Lawan Myanmar


Setidaknya satu diantara Thailand atau Vietnam harus kalah atau keduanya bermain imbang 0-0, agar Indonesia dapat masuk ke babak selanjutnya.

Endri Erawan pun berspekulasi bahwa ada unsur kesengajaan dari kedua tim tersebut supaya Indonesia gagal di fase grup.

"Saya yakin Indonesia yang terbaik, harusnya Indonesia di posisi pertama, cuma karena regulasi Indonesia jadi tersisih, namun saya tidak lihat langsung laga Vietnam lawan Thailand, tapi saya dengan kabar dua tim itu tidak saling serang di laga itu," ungkap Endri Erawan.

"Kalau fairplay kan keduanya harus saling cetak gol dan menyerang, tetapi itu tak kelihatan di laga tersebut, itu kabar yang saya dengar dari teman-teman di Madya, lalu saya berharap investigasi dari AFF untuk laga tersebut, kalo menurut AFF itu fair, silakan lanjut, kalau tidak fair, perlu ada dipertimbangkan untuk didiskualifikasi kedua tim tersebut (Vietnam dan Thailand)," lanjutnya.

Baca juga: Laga Terakhir Grup A Piala AFF U-19 Lawan Myanmar, Timnas akan Bermain Menyerang untuk Menang

Baca juga: Meski Marselino Ferdinan Absen, Timnas U-19 Menang 5-1 Kontra Filipina, Rabbani Cetak Hattrick

Pertandingan terakhir sebagai penentuan perwakilan negara yang lolos ke semifinal piala AFF U-19 2022 telah usai.

Dua partai penentu dimainkan bersamaan di dua Stadion berbeda. Indonesia U-19 menjamu Myanmar U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi sementara Thailand U-19 kontra Vietnam U-19 di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Minggu (10/7/2022).

Indonesia U-19 berhasil menggulung Myanmar 5-1, sedangkan Thailand dan Vietnam bermain imbang 1-1.

Sekadar informasi, hasil dari fase Grup A Piala AFF U-19 2022, Thailand menjadi pemuncak klasemen dengan mengemas 11 poin, Vietnam mengoleksi 11 poin, dan Indonesia juga mengumpulkan 11 poin.


Secara produktifitas gol, Indonesia U-19 jauh lebih unggul dibandingkan dua tim di atasnya.

Garuda Nusantara surplus 15 gol, Thailand surplus sembilan gol, dan Vietnam surplus 6 gol.

Sementara itu, fase Grup B Piala AFF U-19 2022, juara grup dikunci oleh Laos dengan koleksi sembilan poin, dan Malaysia menjadi runner-up dengam torehan tujuh poin. (Alfarizy AF/M39)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved