Bonsai

Festival Bonsai di Alun-alun Kota Bogor, ada 1000 yang Akan Dipamerkan Mulai 17-23 Juli 2022

1000 Pohon Bonsai Akan dipamerkan di Alun-alun Kota Bogor Akan dibuka untuk umum pada 17 Juli -23 Juli 2022

Penulis: Cahya Nugraha | Editor: Lilis Setyaningsih
Tribun Tangerang/Cahya Nugraha
Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kota Bogor menggelar pameran nasional bertaju Buitenzorg Bonsai Festival di Alun-alun Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor. 

TRIBUNTANGERANG.COM, BOGOR - Bagi penggemar bonsai, ada pameran yang akan memanjakan mata dan hati.

Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Kota Bogor menggelar pameran nasional bertaju Buitenzorg Bonsai Festival di Alun-alun Kota Bogor, Jalan Kapten Muslihat, Kota Bogor, Senin (11/7/2022). 

Ketua Panitia Buitenzorg Bonsai Festival, Abdul Halim menuturkan bahwa PPBI Cabang Kota Bogor terakhir mengikuti pameran bonsai sekitar 13 tahun lalu. 

"13 tahun kita mengikuti kontes skala Nasional. Tahun 2022 kita gelar lagi secara Nasional," ucap Halim. 

Baca juga: Cara Menanam, Menjaga dan Merawat Tanaman Bonsai agar Tumbuh Sehat dan Indah

Baca juga: Dewan Kesenian Jakarta 2022, Hadirkan  Pameran Arsip dan Koleksi Seni di Taman Ismail Marzuki


Abdul mengatakan bahwa sejak tanggal 6 Juli 2022 PPBI Kota Bogor sudah mulai melakukan persiapan menyambut festival hari ini. 

"Terhitung kemarin Senin hingga hari ini (12/7/2022) kita masih lakukan penerima bonsai yang ingin dipamerkan dari seluruh Indonesia yang terjauh dari Kalimantan Selatan," ucapnya. 

"Data yang sudah saya terima hingga hari ini, sekitar pukul 14.00 WIB sebanyak 228 tanaman bonsai sudah hadir di Alun-alun dan masih terus akan berdatangan," tambahnya. 

Abdul meperkirakan untuk pohon yang hadir hingga besok akan berjumlah kurang lebih sebanyak 950-1000 pohon bonsai. 

Baca juga: Pamungkas dan Musisi Lain Manggung di Jakarta Fair, Pengunjung Pameran Tak Bisa Langsung Nonton

Baca juga: Pameran Replika Mobil Formula E Dihadirkan di sekitar Bundaran HI Jakarta saat CFD Besok

"Ini sudah terkonfirmasi bahwa pohon sedang dalam perjalanan sebanyak 950 atau mungkin nanti bisa tembus 1000 pohon," Kata Abdul saat ditemui di lokasi pameran. 

Perlu diketahui bahwa tanggal 14-16 Juli 2022 merupakan penjurian dari festival bonsai ini, maka dari itu untuk sementara wilayah kontes masih steril untuk masyarakat umum. 

"Akan dibuka untuk umum pada 17 Juli -23 Juli 2022," terang Abdul

Sebelumnya, pembukaan Festival Bonsai ini diresmikan Istri Plh Wali Kota Bogor, Yantie Rachim dengan melakukan penanaman pohon bonsai di Alun-alun pada Senin (11/7/2022). 


"Saya mengapresiasi atas kerja sama dan sinergi yang sangat baik antara penyelenggara, yakni PPBI Cabang Kota Bogor dengan dinas terkait. Semoga pohon yang tadi ditanam bisa tumbuh subuh dan menambah keindahan serta keasrian Alun-Alun Kota Bogor," harap Yantie.

Ketua Jabar Bergerak Kota Bogor ini mengatakan, event nasional seperti ini memang tepat dipadu padankan dengan melibatkan para pegiat UMKM dan komunitas seni dan budaya di Kota Bogor. 

Hal ini sejalan dengan visi misi Jabar Bergerak Kota Bogor yakni adanya kolaborasi antara masyarakat mandiri dengan pemerintah dalam berbagai bidang. (M33) 

 

 

Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved