Duta Bahasa Provinsi Banten 2022

Pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten 2022 Digelar di UNPAM, Ini Tugasnya Bila Terpilh

30 peserta ini, akan dipilih satu pasangan untuk mewakili Provinsi Banten dalam ajang Duta Bahasa Nasional.

Tribun Tangerang/Rafzanjani Simanjorang
Seleksi pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten  2022 di Auditorium Universitas Pamulang (Unpam), Tangerang Selatan, Kamis (14/7/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, PAMULANG - Sebanyak 30 peserta Duta Bahasa dari berbagai wilayah di Provinsi Banten mengikuti seleksi pemilihan Duta Bahasa Provinsi Banten  2022 di Auditorium Universitas Pamulang (Unpam), Tangerang Selatan, Kamis (14/7/2022).

Asep Juanda, Kepala Kantor Bahasa Provinsi Banten mengatakan, dari 30 peserta ini, akan dipilih satu pasangan untuk mewakili Provinsi Banten dalam ajang Duta Bahasa Nasional.

Selain menjadi wakil Provinsi Banten, Duta Bahasa yang terpilih, juga akan mengemban tugas di Banten. 

Baca juga: Nadiem Tegaskan Bahasa Indonesia Lebih Layak Jadi Bahasa ASEAN

Baca juga: Andika Hazrumy Dorong Pemerintah Lestarikan Bahasa Daerah di Banten

 

"Kalau mereka terpilih menjadi juara, kami akan mengadakan kerja sama dengan pemenang untuk dilibatkan di kegiatan-kegiatan Kantor Bahasa," kata Asep kepada Tribuntangerang.com di lokasi acara.

Ia kembali menjelaskan, tugas pemenang,  yakni menjaga bahasa negara, dan bisa memposisikan diri di mana harus memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Selain itu juga harus peduli pada bahasa daerah dan bahasa asing.

"Mereka juga akan masuk ke Ikatan Duta Bahasa, dan berkolaborasi dengan Kantor Bahasa. Mereka juga akan dilibatkan selama setahun di kegiatan Kantor Bahasa yang meliputi menjadi pembawa acara, atau dilibatkan di kegiatan kepanitiaan," katanya.

 

 

Sementara itu, keuntungan bagi peserta yang terpilih menjadi Duta Bahasa,  prestasi Duta Bahasa akan membuat portofolia pemenang menjadi harum.

"Ada beberapa Duta Bahasa Provinsi Banten yang kuliah ke Mesir dan Australia, mereka punya portofolio prestasi jadi Duta Bahasa," kata Asep. 

Penilaian Peserta Duta Bahasa

Terkait kriteria penilaian menjadi Duta Bahasa Provinsi Banten 2022, menurut Sandra Erwanto, salah satu juri di ajang tersebut, penilaian mulai dari kepribadian, bagaimana penggunaan bahasa Indonesia ini diterapkan di media sosial, kemampuan penggunaan bahasa Indonesia, dan juga proses prestasi peserta capai di dalam hubungan dengan bahasa Indonesia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved