Pemilu 2024

Ubah RSUD Jadi Rumah Sehat, Anies Baswedan Dinilai Ingin Meraih Simpati Masyarakat Kelas Bawah

Anies Baswedan lakukan branding Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi Rumah sehat sebagai strategi menyentuh pemilih akar rumput. 

Tribun Tangerang/Leonardus Wical Zelena Arga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dinilai lakukan mengganti nama RSUD menjadi Rumah Sehat sebagai upaya mengurangi ketimpangan sekaligus meraih simpati masyarakat kelas bawah.  

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA -- Peneliti Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional, Wasisto Raharjo Jati menilai langkah Anies Baswedan lakukan penjenamaan atau pencitraan merek Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi Rumah sehat adalah strategi menyentuh pemilih akar rumput. 

Wasisto mengatakan, orang nomor satu di DKI Jakarta itu berusaha meninggalkan 'warisan' yang baik sebelum lengser pada Oktober mendatang. 

Penjenamaan atau branding RSUD menjadi Rumah Sehat bisa menjadi cara Anies agar tetap dikenang masyarakat meski tidak mengemban jabatan politis.

"Anies berusaha menyebarkan legacy simbolik yang bisa menyentuh pemilih akar rumput," kata Wasisto saat dihubungi pada Sabtu (6/8/2022). 

Ia menganggap, penjenamaan dilakukan Anies untuk meraih simpati dari masyarakat kelas bawah. 


Menurutnya, terdapat ketimpangan budaya atau gap cultural di kalangan masyarakat ihwal akses ke rumah sakit. 

Sebab, rumah sakit dipandang hanya bisa diakses kalangan masyarakat menengah ke atas, tetapi belum tentu bisa dijangkau kelas bawah. 

Wasisto menilai, langkah Anies mengganti nama RSUD menjadi Rumah Sehat sebagai upaya mengurangi ketimpangan sekaligus meraih simpati masyarakat kelas bawah. 

"Itu sebagai platform untuk masyarakat bawah, sehingga pelabelan rumah sehat itu sebagai bagian dari upaya bisa menarik simpati dan empati," imbuhnya. 

Lebih lanjut, penggantian 22 nama jalan menjadi nama Tokoh Betawi juga dinilai sebagai upaya menarik simpati dari masyarakat Betawi. 

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved