MRT Jakarta

Dibayang-bayangi Ancaman Mogok Kerja SPKA, Heru Budi dan Erick Thohir Bahas Akuisisi KCI oleh MRT

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bertemu Menteri BUMN Erick Thohir membahas rencana akuisisi 51 persen saham KCI, Rabu (19/10/2022)

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Tribunnews.com/Yanuar R Yovanda
Menteri BUMN Erick Thohir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (19/10/2022) 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bertemu Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Rabu (19/10/2022).

Heru Budi Hartono bertemu Erick Thohir di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta Pusat.

Hal utama yang dibahas pada pertemuan Heru Budi Hartono dan Erick Thohir adalah akuisisi PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) oleh PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta.

MRT Jakarta adalah perusahaan yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta (99,98 persen) dan PD Pasar Jaya (0,02 persen)​. 

Sedangkan KCI adalah anak perusahaan KAI yang merupakan BUMN.

Saat ini, ada rencana PT MRT Jakarta akan mengakuisisi 51 persen saham KCI. Rencana ini ditolak serikat pekerja. Bahkan mereka mengancam akan mogok kerja jika akuisisi tetap dilakukan.

Erick Thohir mengungkapkan, Heru Budi Hartono akan berkomunikasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) terkait rencana MRT mengakuisisi KCI.

"Besok beliau (Heru Budi) baru ke Kemenhub, saya tidak boleh mengambil tupoksinya Kemenhub, ini kan korporasi," ujarnya kepada wartawan di Gedung Kementerian BUMN, Rabu (19/10/2022).

Erick Thohir belum dapat memastikan, jika akuisisi itu terwujud, apakah posisi KCI akan tetap di bawah BUMN atau tidak.

"Belum kita bicarakan, bukan tidak mungkin ya kepemilikan bersama. Kan kalau hari ini eranya kebersamaan, generasi muda mendorong yang lebih senior untuk lebih kolaboratif," kata dia.

Erick mengatakapkan, payung hukum atas rencana PT MRT Jakarta untuk mengakuisisi 51 persen saham KCI bisa terwujud dalam waktu dekat.

Pada kesempatan yang sama, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menambahkan, dirinya juga akan berkomunikasi dengan beberapa pihak terkait rencana akuisisi ini.

"Saya akan keliling, termasuk juga nanti kita kumpulin teman-teman BUMD, BUMN, DPRD, kita ajak bicara semuanya," kata dia.

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved