Kerusuhan Kanjuruhan

Akhmad Hadian Lukita Ditahan, Keluarga Dirut PT LIB Ajukan Permohonan Penangguhan Penahanan

Akhmad Hadian Lukita telah ditetapkan sebagai tersankga kasus kerusuhan Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Dia ditahan di Mapolda Jawa Timur.

Penulis: Abdul Majid | Editor: Intan Ungaling Dian
Kompas.com
Direktur Utama PT LIB, Ahmad Hadian Lukita ditetapkan sebagai tersangka dalam tragedi Kanjuruhan. Dia juga ditahan di Mapolda Jawa Timur. Pihak keluarga Hadian Lukita sedang berupaya mengajukan permohonan penangguhan penahanan. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita telah ditetapkan sebagai tersankga kasus kerusuhan Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur.

Ditetapkan sebagai tersangka, Dirut PT LIB itu resmi ditahan di Mapolda Jawa Timur.

Sebelumnya, Senin (24/10/2022) pagi, Akhmad Hadian Lukita ke Mapolda Jawa Timur Surabaya untuk menjalani pemeriksaan tambahan di Gedung Ditreskrimum Polda Jatim.

Akan tetapi pada malamnya  pukul 19.24 WIB, dia keluar dari ruangan penyidikan mengenakan rompi tahanan.

Akhmad Hadian Lukita ditahan bersama lima tersangka lainnya yakni Ketua Panitia Pelaksana Pertandingan Arema FC, Abdul Haris, Security Officer Stadion Kanjuruhan, Suko Sutrisno.

Serta Danki III Brimob Polda Jatim AKP Hasdarmawan, Kabag Ops Polres Malang Wahyu Setyo Pranoto, dan Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi.

Terkait penahanan Akhmad Hadian Lukita, pihak keluarganya berupaya untuk mengajukan permohanan penahanan.

Dalam keterangan secara tertulis, Rizki Adhinegara-adik Hadian Lukita mengaku kaget ketika mendengar kabar penahanan tersebut.

“Saya Rizki Adhinegara, mewakili kakak saya Akhmad Hadian Lukita, Direktur Utama PT LIB dan keluarga . Kami semua merasa sangat kaget dengan penahanan yang dilakukan oleh penyidik dari Polda Jatim terhadap kakak saya,” seperti dikutip dari tulisan Rizki Adhinegara, Selasa (26/10/2022).

Baca juga: Ditetapkan Tersangka, Ahmad Hadian Lukita Ikut Rapat Bahas Liga 1 Setelah Tragedi Kanjuruhan

Baca juga: Hasil Laboratorium Sudah Ada, Komnas HAM Tegaskan Penyebab Utama Tragedi Kanjuruhan dari Gas Airmata

"Sepanjang yang kami pahami, penahanan adalah suatu tindakan pencegahan dari penyidik dan bukanlah suatu bentuk hukuman terhadap tersangka."

"Kakak saya sejak awal selalu kooperatif dengan penyidik, tidak pernah absen dari panggilan yang dikirimkan penyidik dan selalu berupaya memenuhi permintaan dokumen dari penyidik selama proses penyelidikan sampai dengan penyidikan,” ujarnya.

Lalu, dia  menanyakan proses penahanan dan mengupayakan untuk pengajuan penangguhan penahanan terhadap Akhmad Hadian Lukita.

Dia berharap, pengajuan penangguhan penahanan dengan alasan yang dijelaskan dapat dipertimbangkan secara bijak oleh tim penyidik.

“Jelas bahwa penyidik tidak memiliki alasan untuk menduga bahwa kakak saya akan melarikan diri atau merusak barang bukti."

Halaman
12
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved