Banjir

Pantas Timbulkan Banjir, Lebar Kali Angke yang Semula 28 Susut jadi 8 Meter, Kedalaman Tinggal 1-2 M

Lebar kali Angke semula 28 meter, kini menyempit jadi 8 meter. Begitu juga dengan kedalaman air yang idealnya 4-5 meter, kini tinggal 1-2 meter.

Istimewa
Kali Angke perlu dikeruk dan dibangun Jalan Inspeksi untuk memudahkan normalisasi. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Kali Angke kerap menimbulkan banjir di sekitar aliran sungainya. 

Daerah langganan banjir yang disebabkan meluapnya Kali Angke tersebar di wilayah Tangerang hingga Jakarta, diantaranya di Cipondoh, Ciledug, Joglo, Kembangan, Rawa Buaya, Duri Kosambi Jakarta Barat. 

Wali Kota Administrasi Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko meninjau Kali Angke di Kembangan, Jakarta Barat pada Rabu (9/11/2022) siang.

Kedatangan Yani ke sana untuk menindaklanjuti keluhan warga dan inventarisasi kali yang dilakukan Unit Pengelola Pengujian Penyelidikan dan Pengukuran (UP4) pada Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta beberapa hari lalu.

Dalam kunjungannya, Yani didampingi sejumlah aparatur Pemkot Administrasi Jakarta Barat dan Kecamatan Kembangan.

Yani bersama rombongan tampak turun ke bantaran kali untuk mengecek secara langsung kondisi Kali Angke, tepatnya di kolong jembatan Tol Ring Road Kebangan.

Dia melihat, kondisi eksisting lebar kali yang semula 28 meter, kini sudah menyempit jadi 8 meter. Begitu juga dengan kedalaman air yang idealnya 4-5 meter, kini kedalamannya hanya 1-2 meter.

Baca juga: Tanggul akan Diplester dan Ditinggikan untuk Atasi Banjir di Karang Tengah dan Ciledug

“Kondisinya cukup memprihatinkan, pantas saja air sungai sering meluap ke permukiman warga maupun jalan raya,” ujar Yani pada Rabu (9/11/2022).

Dalam kesempatan itu, Yani lalu meminta Sudin SDA Jakarta Barat untuk melakukan pengerukan lumpur. Pengerukan sedimentasi dapat dilakukan dengan eskavator.

“Saya minta Sudin SDA untuk segera mengirim alat berat ke sini untuk mengeruk lumpur Kali Angke,” katanya.

Yani mengatakan, kegiatan pengerukan ini merupakan upaya sementara  dalam mengurangi banjir di wilayah Kembangan dan sekitarnya. Melalui pengerukan ini, aliran air yang aalnya tersendat bakal menjadi lebih lancar ke kawasan hilir.

“Selain itu juga debit air kali bisa bertambah, sehingga tidak mudah meluap ke permukiman warga,” ucapnya.

Baca juga: Susuri Kali Angke Pakai Perahu Karet, Wali Kota Tangerang Temukan Banyak Sampah


Kedatangan Yani ke sana, disambut baik oleh warga Puri Permata Media, Kembangan, Jakarta Barat bernama Sriyanto (65). Sejak kondisi kali dicek UP4 Dinas SDA DKI, kata dia, Yani langsung memerintahkan Sudin SDA melakukan pengerukan.

“Meski ini baru sebatas pengerukan kecil, tapi sangat disyukuri oleh warga kembangan karena sejak tiga tahun terakhir sering kebanjiran oleh luapan Kali Angke,” kata Sriyanto.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved