Reshuffle Kabinet

Isu Reshuffle Kian Menguat, Inilah Sosok yang Dinilai Berpotensi Masuk Kabinet Jokowi

Desakan agar Presiden Jokowi melakukan reshuffle kian menguat. Sejumlah nama menteri diprediksi akan digusur dari kabinet.

Editor: Ign Prayoga
Sekretariat Kabinet
Ilustrasi: Presiden Joko Widodo saat memimpin rapat kabinet terbatas. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Desakan agar Presiden Jokowi membongkar kabinet alias reshuffle kian menguat.

Pemicunya adalah keputusan Partai NasDem mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Sejumlah kelompok pendukung Jokowi tak suka NasDem mendukung sosok yang dinilai bertentangan dengan Jokowi secara politik.

Alhasil tiga menteri yang berasal dari Nasdem: Menkominfo Johnny G Plate, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, serta Menteri Kehutanan LHK Siti Nurbaya Bakar, masuk dalam jajaran teratas yang berpotensi digusur dari kabinet.

Meski demikian, bukan berarti pos-pos menteri lain dijamin aman dari reshuffle yang dilakukan Jokowi.

Jika Jokowi benar-benar melakukan reshuffle, siapa sosok-sosok yang dinilai berpotensi masuk ke kabinet menurut para pengamat?

1. Budiman Sudjatmiko

Pengamat sekaligus Direktur Politik Perundangan-Undangan 2Indos Khalid Akbar mengatakan ada baiknya Presiden Jokowi merombak kembali susunan kabinet.

Khalid Akbar juga menyampaikan pada perombakkan kabinet kali ini, ada baiknya mengikutsertakan Aktivis Generasi 1998 untuk menjadi Menteri pasca Reshuffle Kabinet.

"Kita punya Generasi 1998 yang terbukti memiliki kemampuan dan pengalaman dalam mengurus dan menyelesaikan persoalan bangsa, di antaranya seperti Budiman Sudjatmiko," kata Khalid.

Budiman Sudjatmiko, menurutnya, layak, masuk kabinet dan menduduki posisi menteri.

"Untuk posisinya, tentu presiden yang punya hak prerogatif, meski demikian kami melihat Budiman cocok untuk mengisi jabatan Mendikbudristek karena beberapa alasan," ujarnya Minggu (25/12/2022).

Politisi PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko
Politisi PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko (Tribunnews)

"Pertama, Budiman Sudjatmiko Aktivis Reformasi, Pejuang Demokrasi dan HAM ini, sejak muda sudah terbiasa melakukan proses pemberdayaan politik, organisasi dan ekonomi di kalangan petani dan buruh di Indonesia," kata Khalid.

"Kedua, Budiman Sudjatmiko deklarator dan Ketua Umum Inovator 4.0. untuk memicu lompatan Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0. Salah satunya, dengan menjalankan Proyek Bukit Algoritma di Kecamatan Cibadak dan Cikidang, Kabupaten Sukabumi," ujar dia.

Halaman
123
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved