Berita Tangerang

Penumpang Bandara Soetta Sambut Positif Pelonggaran Syarat Penerbangan Akibat PPKM Level 1

Calon penumpang di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) senang atas pelonggaran syarat terbang, membuat beban mereka sedikit berkurang.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Valentino Verry
warta kota/gilbert sem sandro
Penumpang antusias menyambut pelonggaran syarat penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta, yakni cukup hasil negatif tes Antigen. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Mulai hari ini syarat untuk masyarakat yang menggunakan moda transportasi udara menggunakan hasil negatif Tes Antigen dan PCR diberlakukan.

Peraturan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Kemenhub Nomor 96 Tahun 2021, tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi Covid-19. 

Penerbitan SE itu merujuk pada aturan baru dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 57 Tahun 2021, tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat(PPKM) Level 3, Level 2, dan Level 1 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan(Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, ketentuan tersebut dapat digunakan oleh para penumpang pesawat yang melakukan perjalanan dalam negeri.

"Ya mulai hari ini peraturan itu sudah berlaku bagi masyarakat yang melakukan perjalanan dalam negeri dengan menggunakan transportasi udara," ujar Adita Irawati saat dikonfirmasi Wartakotalive.com melalui pesan singkat, Rabu(3/11/2021).

Baca juga: Arya Sinulingga Sebut Tuduhan Erick Thohir Untung Dibalik Aturan PCR Sangat Tendensius

Baca juga: Ketua DPRD DKI Lanjutkan Surat Pengajuan PAW Viani Limardi ke KPUD DKI

Lebih lanjut Adita menjelaskan, peraturan menggunakan hasil negatif tes Antigen hanya berlaku bagi penumpang yang telah melengkapi Vaksinasi Covid-19 hingga tahap dua.

Dengan demikian, bagi penumpang yang baru menjalani Vaksinasi Covid-19 tahap satu, persyaratan bagi penumpang masih diwajibkan melampirkan hasi negatif Tes PCR.

"Persyaratan hasil antigen hanya berlaku bagi penumpang yang sudah komplit menjalani vaksinasi sampai tahap dua," kata Adita.

"Kalau belum komplit vaksinasinya, mereka masih wajib menunjukan hasil tes PCR," imbuhnya.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved