Breaking News:

Ganjil Genap

Ganjil Genap di Tol Tangerang-Merak Mulai Berlaku 20 Desember

Ganjil genap akan diterapkan mulai 24 Desember 2021-2 Januari 2022 di Tol Tangerang Merak

Istimewa
Ilustrasi- Jelang libur Nataru 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 4 ruas Jalan tol, termasuk Jakarta Meraka akan berlaku ganjil genap 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Sejumlah peraturan terkait pembatasan mobilitas masyarakat sudah mulai diterapkan di beberapa daerah di Tanah Air.

Salah satu langkah untuk membatasi mobilitas selama libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (libur Nataru) adalah penerapan peraturan ganjil genap.

Selain di jalan non tol, aturan ganjil genap juga akan diterapkan di beberapa ruas tol termasuk Tol Tangerang-Merak.

Wakapolda Banten, Brigjen Pol. Drs. Ery Nursatari, M.H menjelaskan, ganjil genap di Tol Tangerang-Merak akan berlaku mulai 20 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

"Aturan ganjil genap ini diterapkan untuk menindak lanjuti batalnya penerapan PPKM level 3," ucap Ery Nursatari dikutip dari Ntmcpolri.info.

Baca juga: 3 Lokasi Wisata di Jakarta ini Diberlakukan Ganjil Genap, Sabtu 18 Desember

Ery berharap, penerapan ganjil genap di ruas tol ini mampu meminimalisir penyebaran Covid-19 selama libur Nataru.

"Selama libur Nataru, kami juga membatasi jumlah pengunjung lokasi wisata di daerah Banten," lanjut Wakapolda Banten.

Ia menjelaskan, untuk tempat wisata hanya diperbolehkan menerima pengunjung dengan total 50 persen saja.

Selain tol Tangerang-Merak, ada 3 ruas tol juga diberlakukan ganjil genap yaitu Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Baca juga: Tak Cuma Wisatawan, Pemerintah Minta Pelaku Parekraf tidak Abai Prokes saat Libur Nataru

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pemberlakuan ganjil genap memiliki tujuan untuk mengantisipasi pelaku perjalanan dengan mobil pribadi saat libut Nataru 2022.

Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Reza Febrino mengatakan, adanya kebijakan tersebut nampaknya tidak memberikan dampak besar untuk Jasa Marga.

"Sejauh ini potensi adanya penurunan volume lalu lintas tidak terlalu signifikan saat diberlakukan kebijakan ganjil genap tersebut,” kata Reza.

Malahan, pada libur Nataru 2022 nampaknya akan ada peningkatan volume lalu lintas sebesar 11 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di 2020.

Selain Wakapolda Banten, hal tersebut juga disampaikan oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim.

"Meski lokasi wisata tidak ditutup. Protokol kesehatan harus diperketat dan kapasitasnya dibatasi," tutur Wahidin Halim.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved