Breaking News:

Tangerang Raya

Sepanjang Tahun 2021 Damkar Kota Tangsel Catat Ratusan Penyelamatan Hewan Liar dari Masyarakat

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Tangsel, mengatakan sepanjang tahun 2021 ini tren evakuasi hewan liar di lingkungan masyarakat meningkat.

Penulis: Rizki Amana | Editor: Mohamad Yusuf
TRIBUNTANGERANG/RIZKI AMANA
Damkar Kota Tangsel sedang mengevakuasi sarang tawon yang berada di plafon rumah warga Pondok Aren 

TRIBUNTANGERANG.COM, SERPONG UTARA - Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) membeberkan catatan penanganan penyelamatan hewan liar yang dilakukan pihaknya sejak tahun 2021.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Tangsel, Uci Sanusi mengatakan sepanjang tahun 2021 ini tren evakuasi hewan liar di lingkungan masyarakat mengalami kenaikan. 

Menurutnya evakuasi hewan liar menjadi dominan kegiatan yang kerap dilakukan dari 438 kegiatan penyelamatan yang dilakukan pihaknya dengan berbagai macam kriteria. 

"Memang trend-nya selalu naik di tahun 2021 ini (penyelamatan hewan liar-red) dengan kita sudah melakukan 438 kali penyelamatan," katanya saat ditemui di Gedung Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Tangsel, Serpong Utara, Kamis (30/12/2021).

Uci menuturkan dari ratusan penyelematan hewan liar didominasi oleh evekuasi keberadaan sarang tawon yang ada di lingkungan warga. 

Menurutnya tak jarang pihaknya mendapati laporan dari masyarakat akan keberadaan sarang tawon jenis vespa yang telah berukuran raksasa. 

"Mayoritas kita evakuasi sarang tawon. Kemudian diikuti oleh evakuasi ular, kemudian biawak dan pelepasan cincin yang sudah tidak muat di jari tangan," ungkapnya. 

Adapun pihaknya mencatat sebanyak 199 kegiatan evakuasi sarang tawon jenis vespa telah terjadi sepanjang tahun 2021 ini. 

Sedangkan, sebanyak 101 kegiatan evakuasi ular yang berada di lingkungan masyarakat. (m23) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved