Jakarta

Jakarta Bakal Bersaing dengan Kota Besar di Dunia setelah Ibu Kota Dipindah ke IKN Nusantara

Ahmad Riza Patria mengatakan, Jakarta akan bersaing dengan kota metropolitan lainnya di dunia setelah tidak menjadi ibu kota negera.

Tribun Tangerang/Yolanda Putri Dewanti
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pasca-pemindahan ibu kota ke IKN Nusantara, Kota Jakarta akan bersaing dengan kota-kota besar di dunia terutama dalam bidang ekonomi dan bisnis. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Jakarta akan bersaing dengan kota-kota metropolitan lainnya di dunia setelah tidak menjadi ibu kota negera.

Pendapat itu dikemukakan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria.

"Jadi, visi Jakarta ke depan pasca-tak lagi jadi Ibu Kota negara adalah tidak hanya menjadikan Jakarta sebagai kota di Indonesia. Namun juga bisa berada di dalam orbit kota metropolitan dunia, " kata Ahmad Riza Patria saat acara webinar bertajuk 'Jakarta Pasca-UU IKN, Rabu (23/3/2022).

Menurut dia, saingan Kota Jakarta bukan lagi kota-kota di Indonesia, melainkan Singapura, Kuala Lumpur, Washington, dan Sydney.

Orang nomor dua di Ibu Kota ini juga mengatakan bahwa Jakarta memiliki berbagai keunggulan dalam segi aspek seperti infrastruktur dan sumber daya manusia.

Dia yakin, Jakarta akan tetap eksis sebagai kota termaju di Indonesia.

Baca juga: Warga Kaget Tanah Kampung Akuarium Dipilih Gubernur Anies untuk Dibawa ke IKN Nusantara

Baca juga: RIDWAN Kamil Merendah, Sebut Tugas Kepala Otorita IKN Nusantara Sangat Berat, Ini Alasannya

"Yang jelas dengan berbagai keunggulan kota Jakarta terutama dari sisi infrastruktur sumber daya manusia kami meyakini bahwa Jakarta akan tetap eksis sebagai kota termaju di Indonesia," ujarnya.

Menurutnya, Pemprov DKI Jakarta bersama para pakar dan ahli lainnya sedang menyusung konsep naskah akademik rangcangan undang-undang tentang kekhususan Jakarta.

Hal itu dilakukan agar memiliki payung hukum  dan mengakomodasi  kepentingan Jakarta menjadi kota yang lebih baik pasca-tidak lagi menjadi Ibu Kota negara.

Politisui Partai Gerindra ini juga menekankan bahwa kebijakan pemerintah membangun IKN Nusantara di Kalimantan Timur jangan diartikan sebagai sikap pemerintah akan meninggalkan Jakarta.

"Merawat Jakarta untuk tetap menjadi kota yang terdepan di Indonesia adalah impian provinsi DKI Jakarta dan warga Jakarta pada umumnya," ujarnya.

Masa depan Jakarta setelah pemindahan IKN harus dimanfaatkan sebagai peluang untuk menjadi kota yang lebih maju lagi.

"Terutama sebagai kota pusat bisnis dan ekonomi," katanya.

Baca juga: Prof Ryaas Rasyid: Jakarta Jadi Pusat Bisnis saat Ibu Kota Pindah ke Kalimantan Timur

Sebagai pusat bisnis, maka Kota Jakarta akan selalu menjadi daerah yang akan selalu didatangi orang-orang dari seluruh Tanah Air.

"Bahkan wisatawan dunia dengan mendapatkan penghidupan lebih baik apalagi telah terbukti kontribusi Jakarta terhadap PDB nasional sangat signifikan yaitu sebesar 17,19 persen pada tahun 2022," ucapnya.

Dia mengatakan bahwa segala keunggulannya terutama di sektor ekonomi, maka pemindahan IKN dapat dibaca sebagai peluang besar bagi Jakarta untuk berperan penting sebagai pusat ekonomi dan bisnis baik skala nasional dan global. 

 

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved