MotoGP Mandalika

Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Meroket Hingga 155 Persen Selama MotoGP Mandalika

MotoGP Mandalika berimbas ke kenaikkan jumlah penumpang pesawat melalui Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Lombok dan sebaliknya.

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Ign Prayoga
Angkasa Pura II
Ilustras pesawat di bandara 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Jumlah penumpang pesawat melalui Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara Lombok, Nusa Tenggara Barat, meroket hingga 155 persen.

President Director PT Angkasa Pura (AP) II, Muhammad Awaluddin mengatakan, lalu lintas penerbangan rute Jakarta-Lombok-Jakarta meningkat pesat selama gelaran internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia (Moto GP) yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB.

"Selama MotoGP Mandalika diselenggarakan, peningkatan lalu lintas penerbangan rute Jakarta-Lombok dan sebaliknya mengalami lonjakan yang sangat signifikan hingga 155 persen," ujar Muhammad Awaluddin dalam keterangan resminya, Selasa (22/3/2022).

Lebih lanjut Awaluddin memaparkan, pergerakan penumpang pesawat mulai Kamis (17/3/2022) hingga Minggu (20/3/2022) melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Bandara Internasional Lombok dan sebaliknya mencapai 25.017 penumpang.

Jumlah tersebut melesat tajam dibandingkan pada Kamis (10/3/2022) sampai Minggu (13/3/2022) pada pekan sebelumnya, yakni sebanyak 9.790 orang.

"Jumlah penerbangan juga mengalami lonjakan drastis antara tanggal 17 hingga 20 Maret 2022, pergerakan pesawat di rute Jakarta-Bali-Jakarta tercatat mencapai 322 penerbangan," papar Awaluddin.

Menurut Awaluddin, melonjaknya jumlah penumpang selama gelaran Moto GP tersebut, lantaran Bandara Soekarno-Hatta, menjadi bandara transit bagi traveler untuk melanjutkan perjalanan ke Lombok.

"Seperti diketahui, Bandara Soekarno-Hatta merupakan bandara jangkar di rute domestik, di mana bandara ini juga menjadi tempat transit bagi traveler untuk melanjutkan perjalanan ke kota lainnya termasuk Lombok," katanya.

"Pertamina Grand Prix of Indonesia dengan kelas utamanya MotoGP, menjadi magnet wisatawan dan turut menggairahkan sektor penerbangan," ujar Awaluddin.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta, Agus Haryadi menambahkan, pihaknya melakukan koordinasi penuh dengan seluruh stakeholder agar penerbangan dapat berjalan lancar dan mendukung gelaran di Sirkuit Mandalika.

"Bandara Soekarno-Hatta mampu mengakomodir tingginya permintaan penerbangan dari dan ke Bandara Lombok, dengan fokus utama adalah tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai regulasi yang diperkuat dengan Biosafety Management dan Biosecurity Management," kata Agus Haryadi.

Ia juga mengungkapkan terimakasihnya kepada seluruh stakeholder yang berpartisipasi melayani para penumpang penerbangan yang membeludak selama gelaran ajang motor balap tersebut.

"Kami AP II berterima kasih atas kolaborasi dari seluruh pihak antara lain regulator, maskapai, AirNav Indonesia dan ground handling sehingga tingginya lalu lintas penerbangan dapat dilayani dengan baik," ucapnya.

"Aspek keamanan, pelayanan dan penerapan protokol kesehatan adalah yang menjadi perhatian utama kami," kata Agus Haryadi. (M28)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved