Pilpres 2024

Survei KedaiKopi November 2021, Prabowo di Puncak Capres, Januari Melorot di Peringkat ketiga

Hasil Survei: Anak Muda Ingin Calon Presiden Cerdas dan Merakyat, Prabowo Subianto Rentan Disalip Anies dan Ganjar

istimewa/dok. DPD PKS Depok
DPD PKS Depok menyelenggarakan diskusi politik bertema Kemana Arah Suara Politik Anak Muda di 2024 yang berlangsung hybrid di Juntos Cafe, Grand Depok City, Sukmajaya, Kota Depok, Kamis (24/3/2022) 

TRIBUNTANGERANG.COM, DEPOK - Lembaga Survei KedaiKopi mengeluarkan hasil terkait suara anak muda terhadap sosok pemimpin yang diharapkan bisa menjadi presiden pada 2024 mendatang.

Berdasarkan data tersebut, Founder KedaiKopi Hendri Satrio mengatakan, suara anak muda terbagi menjadi dua bagian yakni ada yang menginginkan pemimpin yang cerdas dan ada juga yang menilai pemimpin haruslah merakyat.

Ada empat nama calon presiden yang disodorkan KedaiKopi dalam survei tersebut yakni Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil.

Survei dikatakan Hendri dilakukan selama dua kali yakni pada November 2021 dan Januari 2022.

Baca juga: Anies-RK Kerap Digadang Maju Pilpres 2024, Pengamat : Sulit Selama Tak Punya Partai

"Anak muda masih memiliki minat untuk calon presiden, tapi ini ada pergesaran atau kriteria anak muda, khususnya rakyat Indonesia. Seluruh rakyat ingin pemimpin yang merakyat, nah di tahun 2022 hasil survei ini yang utama adalah cerdas," tutur Hendri Satrio dalam diskusi politik bersama PKS Kota Depok bertema Kemana Arah Suara Politik Anak Muda di 2024 yang berlangsung hybrid di Juntos Cafe, Grand Depok City, Sukmajaya, Kota Depok, Kamis (24/3/2022).

Dengan adanya pergeseran hasil yang hanya berjarak beberapa bulan ini, Hendri mengatakan hal ini bisa menjadi perhatian bagi para calon presiden 2024.

"Jangan sampai terjebak pencitraan-pencitraan, yang seolah-olah yang merakyat. Nah cerdas ini tidak bisa dicitrakan, cerdas ya cerdas pintar ya pintar," kata pria yang juga Analis Komunikasi Politik Universitas Paramadina. 

Pria yang juga berprofesi sebagai Analis Komunikasi Politik Universitas Paramadina ini mengatakan, nama Prabowo masih memuncaki klasemen sementara hanya saja hasilnya tidak terlalu jauh dari Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Baca juga: Pilpres 2024 Partai Golkar Usung Airlangga Hartarto, Ahmed Zaki Iskandar: Beliau Banyak Pengalaman

Namun demikian, ketiga nama tersebut tidak serta merta unggul lantaran adanya margin of error atau batas kesalahan dalam survei yang dilakukan.

Keunggulan yang didapat Prabowo pun dikatakan Hendri lantaran masih adanya sisa-sisa elektabilitas yang dimiliki Menteri Pertahanan RI itu pada saat Pemilu Presiden 2019 lalu.

Halaman
12
Sumber: Tribun depok
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved