Arus Mudik 2022

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Dirikan Posko Kesehatan di Jalur Mudik

Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang mendirikan 7 posko kesehatan di jalur mudik dan juga di lokasi wisata. Layanan di posko kesehatan ini gratis.

Penulis: Andika Panduwinata | Editor: Ign Prayoga
Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Kapolresta Tangerang Kombes Zain Dwi Nugroho melaksanakan pengecekan pos pengamanan arus mudik di rest area Km 43 Tol Tangerang-Merak, Minggu (24/4/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TIGARAKSA -- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang mendirikan 10 posko kesehatan di jalur mudik. Pendirian posko kesehatan ini merupakan bentuk partisipasi Dinkes Kabupaten Tangerang untuk mewujudkan kelancaran arus mudik 2022.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Tangerang, dr Muhamad Faridzi Fikri, membeberkan posko kesehatan yang telah didirikan.

"Dari 10 posko yang disediakan, tujuh posko diposisikan pada jalur mudik seperti di pos Citra Raya, pospam Rest Area 43, pospam Kutabumi, pospam Adhiyasa, gerbang tol Curug-Bitung, dan pos Mall Sumarecon. Sedangkan 3 posko lainnya di lokasi wisata seperti Pulau Cangkir, Pantai Tanjung Kait dan Pantai Tanjung Pasir," ujar Farid, Kamis (28/4/2022).

Posko kesehatan tersebut hadir mulai dari 28 April sampai 9 Mei.

Sedangkan posko untuk area wisata dimulai dari tanggal 30 April hingga 8 Mei mendatang.

Baca juga: Tol Jakarta-Cikampek Km 57 Ramai Lancar, Kecepatan Bisa 80 Km per Jam

Baca juga: Tidak Hanya Polri, Ribuan Prajurit TNI AL juga Dilibatkan untuk Pengamanan Mudik Lebaran 2022

Farid pun menjelaskan Posko Kesehatan yang disebar di wilayah strategis ini diharapkan dapat menjadi pendukung kelancaran dan kesehatan bagi para pemudik. Dinkes telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, kodim, Dishub, Satpol PP dan sejumlah instansi lainnya yang akan berjaga di posko mudik.

"Ada 30 petugas yang kami siagakan selama arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Setiap posko ditempatkan sebanyak 3 petugas yang terdiri dari 2 tenaga kesehatan dan satu sopir ambulans," ucapnya.

Ia meminta masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas yang diberikan karena diberikan secara gratis.

Baca juga: Pedagang Kaki Lima di Jalan Arteri Pantura Berjualan Selama 24 jam, Tidak Tidur Semalaman

Di posko mudik tersebut, pemudik bisa mendapatkan layanan tanggap darurat melalui pemeriksaan maupun pemberian obat guna meminimalisir risiko kesehatan selama perjalanan mudik.

Di posko kesehatan mudik Lebaran, Dinkes juga menyiapkan layanan vaksinasi booster hingga pelayanan swab antigen.

"Mengingat masih dalam situasi pandemi, saya berpesan kepada para pemudik untuk menjaga kesehatan agar tetap prima dan tetap mematuhi protokol kesehatan agar nanti tidak membahayakan keluarga dan terjadi penularan di tempat kita mudik," kata Farid. (dik)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved