Arus Mudik 2022

Pemudik Lebaran di Pelabuhan Merak Makin Membeludak Mencapai 129.866 Penumpang

Pemprov Banten terus meningkatkan koordinasi dengan PT ASDP (Persero) Merak, TNI dan Polri, dan pemangku kepentingan lainnya jelang Lebaran.

Tribun Tangerang/Andika Panduwinata
Antrean pemudik Lebaran di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (28/42022) malam. Angka penumpang kapal di Pelabuhan Merak mencapai 129.866 orang, Jumat (29/4/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Pemprov Banten terus meningkatkan koordinasi dengan PT ASDP (Persero) Merak, TNI dan Polri, dan pemangku kepentingan lainnya jelang Lebaran.

Mereka berkoordinasi agar arus mudik Lebaran 2022 berjalan lancar.

Pemprov Banten mempunyai peranan dalam kelancaran arus mudik yang baru pertam kali digelar selama pandemi Covid019.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten Tri Nurtopo seusai mengikuti rapat kordinasi bersama Sekjen Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di kantor PT ASDP Merak mengatakan, ada beberapa evaluasi dan solusi agar arus mudik lancar di Pelabuhan Merak

"Pertama terkait dengan antrean kendaraan di puncak arus mudik ini yang perlu diantisipasi," kata Tri Nurtopo, Jumat (29/4/2022).

"Jangan sampai mereka menumpuk di dermaga pelabuhan dalam waktu yang cukup lama," katanya lagi, Jumat (29/4/2022).

Berdasarkan hasil rapat, pihak ASDP mengatur sedemikian rupa terhadap arus masuk kendaraan di Pelabuhan Merak bekerja sama dengan TNI dan Polri. 

"Untuk menghindari penumpukan di dalam Pelabuhan, kendaraan yang masuk dipastikan yang sudah mempunyai tiket dengan jeda waktu keberangkatan yang cepat," ujarnya. 

Baca juga: Seluruh Pintu Dermaga Pelabuhan Merak Dipenuhi Pemudik, Mobil Pribadi dan Motor Mendominasi

Baca juga: Antrean di Dermaga Pelabuhan Merak Mengular, PT ASDP Seberangkan 38.267 Penumpang

Sedangkan untuk kondisi di luar Pelabuhan, ada pengaturan rekayasa lalu lintas agar tidak terjadi penumpukan.

Tindakan itu dilakukan bersama pengelola jalan tol, PT Astra Toll Road Tangerang-Merak, TNI dan Polri, serta petugas Dishub Provinsi yang juga ikut dikerahkan. 

"Jadi saling bersinergi. Termasuk dari Pemprov Banten yang turut andil dalam menyukseskan kelancaran arus mudik ini," tutur Tri Nurtopo.

Sejak awal Pemprov Banten terus melakukan komunikasi secara intens ketika arus mudik kembali diperbolehkan oleh pemerintah ini.

Alasannya, jika kemacetan terjadi mengular di luar Pelabuhan Merak dalam waktu lama, maka akan meresahkan masyarakat sekitar pengguna jalan. 

"Dampak sosial yang timbul di masyarakat itu yang kami antisipasi, jangan sampai terjadi. Tapi Alhamdulillah sejauh ini kondisinya masih aman terkendali," ucapnya. 

Baca juga: Rezeki dari Jualan Kelapa di Antrean Mobil Pelabuhan Merak

Baca juga: Emak-emak Asal Bekasi Bakal Mudik ke Medan Terpaksa Tunggu 9 Jam di Dermaga 1 Pelabuhan Merak

Halaman
123

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved