Pencurian

Gunakan Bak Terbuka, Komplotan Pencuri Angkut 75 Besi Spare Part Mesin Produksi

Kepolisian Sektor (Polsek) Balaraja berhasil meringkus komplotan pencuri besi spare part mesin PT Mandiri Union Sejati pada Kamis (25/8/2022).

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Pelaku yang menjadi komplotan pencuri besi spare part mesin PT Mandiri Union Sejati berhasil dibukuk Polsek Balaraja. 

TRIBUNTANGERANG.COM, BALARAJA -- Kepolisian Sektor (Polsek) Balaraja berhasil meringkus komplotan pencuri besi spare part mesin PT Mandiri Union Sejati pada Kamis (25/8/2022) lalu.

Kapolresta Tangerang, Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma mengatakan, komplotan tersebut mencuri 75 buah besi spare part mesin produksi dari perusahaan yang berada di Desa Sentul, Kecamatan Balaraja, Kabupaten Tangerang.

"Komplotan ini mencuri 75 besi spare part mesin produksi yang diangkut dengan mobil bak terbuka dan menyebabkan Perusahaan PT Mandiri Union Sejati merugi sebesar Rp 46 juta," ujar Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma, Sabtu (10/9/2022).

Kemudian Romdhon menjelaskan, pencurian itu terjadi saat malam hari dan sedang tidak beroperasi.

Mengetahui tidak ada aktivitas produksi, para pelaku melompati pagar pabrik dan melancarkan aksinya melakukan aksi pencurian.

Kemudian komplotam itu mencuri besi curian yang diangkut dengan menggunakan mobil bak terbuka yang telah disiapkan di luar pagar atau tembok.

"Saat kejadian, pabrik tersebut hanya terdapat aktivitas penjagaan oleh pihak sekuriti saja karena perusahaan sedang tidak beroperasi," kata dia.

Baca juga: Pelaku Pencurian Motor Nyamar Jadi Ojol Gasak Motor dalam Sekejap di Pademangan Jakarta Utara

"Selanjutnya pihak perusahaan melaporkan kejadian pencurian itu ke Polsek Balaraja dan kemudian ditindaklanjuti laporan yang bersangkutan," terangnya.

Setelah melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan meminta keterangan saksi-saksi, personel Polsek Balaraja akhirnya berhasil menangkap pelaku yang berjumlah tiga orang.

Tiga orang pelaku tersebut ialah SI (31), SH (26) dan KS (20) yang merupakan warga Desa Pesanggrahan, Kecamatan Solear, Kabupaten Tangerang. 

"Setelah menindaklanjuti kejadian itu, pelaku berinisial SI berhasil diamankan dan kemudian dikembangkan, hingga berhasil membekuk SH dan KS," tuturnya.

"Dari pemeriksaan itu, kami mendapatkan petunjuk bahwa salah seorang pelaku adalah pegawai di perusahaan itu," ungkapnya.

Baca juga: Dibakar Cemburu, Seorang Wanita Tega Lukai Alat Vital Pasangannya Pakai Gunting

Atas perbuatannya tersebut, para pelaku yang merupakan komplotan pencurian ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat Pasal 363 KUHP.

"Akibat dari perbuatannya para tersangka dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara," jelas Kombes Pol Raden Romdhon Natakusuma. (m28)

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved