Penjelasan Puskesmas Cipondoh Terkait Vaksinasi Covid-19 yang Dilaksanakan Dalam Waktu Dekat

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mulai menyalurkan vaksinasi Covid-19 booster dosis kedua untuk masyarakat

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Jefri Susetio
Wartakotalive.com-TribunTangerang/Gilbert Sem Sandro
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mulai menyalurkan vaksinasi Covid-19 booster dosis kedua untuk masyarakat, Selasa (24/1/2023). 

TRIBUNTANGERANG.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mulai menyalurkan vaksinasi Covid-19 booster dosis kedua untuk masyarakat, Selasa (24/1/2023).

Hal tersebut tertunag dalam Surat Edaran (SE) Kemenkes RI Nomor HK.02.02/C/380/2023 tentang vaksinasi Covid-19 dosis booster ke-2 untuk kelompok masyarakat umum.

Kasubang Tata Usaha Puskemas Cipondoh, Melya Juliastiny mengatakan, Puskemas Cipondoh belum memberikan layanan vaksinasi Covid-19.

Baca juga: PPKM Dicabut, Arus Mudik dan Libur Imlek Tahun 2023 di Bandara Soekarno-Hatta Meningkat 406 Persen

"Kami memang sudah mendapat kabar dari Dinas Kesehatan Kota Tangerang untuk pemberian vaksin booster kedua bagi masyarakat berusia 18 sampai 59 tahun. Tapi, memang kami belum melakukannya hari ini," ujarnya.

Ia menambahkan, laksanakan vaksinasi booster Covid-19 lantaran belum menerima dosis vaksin yang akan diberikan terhadap masyarakat.

Pasalnya, pendistribusian dosis vaksin tersebut baru dapat disalurkan oleh Instalasi Farmasi (IF) Dinas Kesehatan Kota Tangerang pada Rabu (25/1/2023).

"Alasan kita belum menggelar vaksinasi Covid-19 dosis ke empat ini, karena memang pendistribusian vaksinnya baru dilaksanakan besok pagi dari bagian IF (gudang farmasi)" katanya.

Dengan demikian Melya memperkirakan, penyaluran vaksinasi booster ke-dua Covid-19 tersebut baru dapat terlaksana pada Kamis (26/1/2023) mendatang.

Sebab, pihak Puskesmas Cipondoh masih harus mempersiapkan data, tim yang akan melaksanakan vaksinasi Covid-19 dan mengatur permintaan atau pengambilan stok dosis vaksin booster kedua tersebut.

"Jadi, perkiraan kami penyaluran vaksin booster kedua Covid-19 baru dapat disalurkan ke masyarakat pada Kamis lusa," ujarnya.

Lebih lanjut, ia bilang pelaksanaan vaksinasi booster kedua akan ada sekitar 100 sampai 150 dosis.

"Untuk jadwal penyaluran hari pertama nanti, kemungkinan kita akan buka pelayanan untuk 100 sampai 150 orang," kata Melya Juliastiny.

Baca juga: Ferdy Sambo Beberkan Unek-unek di Penjara saat Nota Pembelaan: Suram, Sepi dan Gelap

Pada pemberitaan sebelumnya, Dinas Kesehatan Kota Tangerang resmi mengumumkan ketersediaan stok Vaksinasi Covid-19 dosis ke-empat sebanyak 13.000 dosis.

Penyaluran vaksin booster Covid-19 dosis kedua itu akan dilaksanakan pada fasilitas kesehatan yang melayani vaksinasi Covid-19.

Namun ternyata, hal tersebut belum terlaksana lantaran proses pendistribusian dosis vaksin yang belum dilakukan ke berbagai fasilitas kesehatan tersebut.

(m28)

 

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved