Vaksinasi Covid19

Pemkab Tangerang Sasar 2,8 Juta Orang untuk Vaksinasi Booster Kedua Covid-19, ada 7 Pilihan Vaksin

Pemerintah Kabupaten Tangerang menargetkan vaksinasi booster kedua Covid-19 dapat tersalurkan bagi 2,8 juta jiwa, ada 7 pilihan vaksin yang disediakan

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi, Rabu (25/1/2023) 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG -- Pemerintah Kabupaten Tangerang menargetkan vaksinasi booster kedua Covid-19 dapat tersalurkan bagi 2,8 juta jiwa masyarakat.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang, dr Hendra Tarmizi mengatakan, 2,8 juta warga yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 dosis keempat tersebut berusia di atas 18 tahun.

"Minggu kemarin kita sudah menerima SE dari Kemenkes terkait vaksinasi Covid-19 booster yang kedua dan menyasar 2,8 juta masyarakat Kabupaten Tangerang," ujar dr Hendra Tarmizi, Rabu (25/1/2023).

"Jadi, masyarakat yang sudah memiliki tiket melalui aplikasi PeduliLindungi sudah bisa kita vaksin," sambungnya.

Hendra menerangkan, setiap Puskesmas dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) yang ada di Kabupaten Tangerang saat ini sudah disiapkan untuk melayani dan melaksanakan vaksinasi dosis penguat kedua bagi masyarakat. 

"Jadi masyarakat bisa melaksanakannya di seluruh puskesmas dan rumah sakit daerah yang ada," kata dia.

Sementara untuk jenis vaksin booster  kedua yang disiapkan, menyesuaikan dengan jenis vaksin yang diterima masyarakat pada booster pertama atau dosis ketiga. 

Baca juga: Penjelasan Puskesmas Cipondoh Terkait Vaksinasi Covid-19 yang Dilaksanakan Dalam Waktu Dekat

Baca juga: Daftar Pukesmas yang Melayani Vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang, Berikut Syarat Vaksinnya

"Contohnya, jika penerimaan vaksin Covid-19 Astra Zeneca pada vaksinasi booster pertama, dapat menerima vaksin Astra Zeneca, Pfizer atau Moderna," tuturnya.

Sedangkan, masyarakat yang menerima vaksin Covid-19 Sinovac pada vaksinasi booster pertama, dapat menerima vaksin Astra Zeneca, Pfizer, Moderna, Sinopharm, Sinovac, Zifivax, Indovacatau Navac. 

"Masyarakat tinggal menyesuaikan saja dengan penerimaan dosis vaksin sebelumnya, tapi pada umumnya jenis vaksin itu bisa dipakai booster," terangnya.

Sementara, untuk capaian vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Kabupaten Tangerang sendiri telah tersalurkan kepada 80 persen atau sebanyak 2.282.636 jiwa dengan target sasaran yaitu 2.8 juta jiwa lebih. 

Dosis kedua, mencapai 1,9 juta jiwa atau setara dengan angka 68 persen. Lansia, dosis pertama mencapai 117.7 persen atau sebanyak 163.298 jiwa dan dosis dua 84.3 persen atau sebanyak 116.991 jiwa. 

Kelompok anak usia 6-11 tahun saat ini sudah mencapai 304.448 jiwa untuk dosis pertama, dan untuk kedua sebanyak 254.128 jiwa. (m28)

 

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved