Breaking News:

Berita Nasional

Rachel Vennya Punya Plat Kendaraan RFS, Siapa Saja Sebenarnya yang Boleh Pakai?

Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan terkait plat mobil 'RFS' merupakan pelat kendaran khusus untuk pejabat, anggota Polri, dan anggota TNI.

istimewa
Ilustrasi - Mengenal plat kendaraan milik polisi, TNI dan pejabat 

TRIBUNTANGERANG.COM - Selebgram Rachel Vennya sedang bermasalah lagi dengan polisi karena berhubungan dengan nomor kendaraan yang ditumpanginya mengandung huruf RFS. 

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan terkait plat mobil 'RFS' merupakan pelat kendaran khusus untuk pejabat, anggota Polri, dan anggota TNI.

"RFS digunakan untuk orang sipil tapi di negara kita yang digunakan 4 angka, tapi kalau 2 angka 3 angka boleh digunakan warga sipil biasa," jelas Sambodo.

Saat sedang melintas di jalan, kerap sekali kita melihat kendaraan muncul dengan nomor polisi (nopol) berkode RF.

Plat kode RF ini bermacam-macam. Mulai dari RFS, RFD, RFL, RFU, dan lainnya.

Baca juga: Dirlantas Polda Jelaskan Pelat Kendaraan Rachel Vennya Biasa Dipakai Pejabat atau Polri

Namun, ternyata di balik penamaannya, kode-kode itu memiliki arti tersendiri.

Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, kode-kode tersebut bukan singkatan, melainkan kode huruf Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB).

"Itu bukan singkatan, hanya kode huruf belakang TNKB," ujar Sambodo, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (26/3/2021). Lantas apa arti dari berbagai nopol dengan kode RF ini? Siapa yang boleh menggunakannya?

Nopol khusus

Melansir Kompas.com (26/3/2021), nomor kendaraan berakhiran RFS, RFD, dan RFP adalah tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB) untuk pejabat negara.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved