Bandara Soetta

Terminal 3 Bandara Soetta akan Sediakan Jalur TravelinLane, Scan Wajah Penumpang

PT Angkasa Pura II akan meluncurkan layanan calon penumpang peswat dengan teknologi pengenal wajah.

dok Angkasa Pura 2
Ilustrasi - Angkasa Pura II akan menyediakan fasilitas Travelinline di Bandara Soekarno Hatta dengan mendeteksi wajah calon penumpang 

TRIBUNTANGERANG, TANGERANG - PT Angkasa Pura II atau AP II (Persero) akan meluncurkan layanan jalur khusus untuk calon penumpang pesawat menggunakan teknologi face recognition (pengenal wajah).

Layanan khusus bernama travelinLane ini rencananya akan diluncurkan pada awal tahun 2022 di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. 

Untuk diketahui, dilansir dari Kompas.com, Jumat (19/6/2020), face recognition adalah teknologi yang bisa mendeteksi wajah seseorang, sekaligus bagian dari Artificial Intelligence (Kecerdasan Artifisial atau AI). 

Adapun, travelinLane menjanjikan proses keberangkatan yang bebas repot. 

Calon penumpang pesawat tidak perlu menunjukkan kartu identitas dan boarding pass fisik saat pemeriksaan di Security Check Point 2 (SCP 2).

Mereka hanya cukup menunjukkan wajah di alat face recognition untuk verifikasi.

Layanan travelinLane memperkuat aspek keamanan Sesuai namanya, travelinLane merupakan pengembangan dari aplikasi travelin milik AP II.

Baca juga: Pesawat Boeing 777F Qatar Airways Pengangkut Logistik WSBK 2021 Tiba di Bandara Lombok

"Satu layanan baru berstandar global yang didukung aplikasi travelin untuk menghadirkan seamless journey experience akan kami luncurkan rencananya pada Januari 2022 di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, yaitu travelinLane," ujar President Director of AP II Muhammad Awaluddin melalui keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat (12/11/2021).

Ia mengatakan, selain meningkatkan pengalaman calon penumpang pesawat, layanan travelinLane juga memperkuat aspek keamanan.

"Dengan sistem face recognition maka aspek keamanan di Bandara Soekarno-Hatta akan semakin meningkat ke level berikutnya. Secara bertahap travelinLane termasuk sistem face recognition dan autogate ini akan kami terapkan juga di bandara-bandara AP II lainnya," jelasnya. 

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved