Kolom Trias Kuncahyono

UKRAINA: Kiev 1240, Kyiv 2022

Tradisi sejarah Soviet memandang yang terjadi saat itu sebagai pendudukan Ukraina oleh kekuatan militer Eropa Barat dan Tengah, termasuk Polandia.

www.freemalaysiatoday.com
Pengepungan Kyiv, ibu kota Ukraina saat ini mengingatkan cerita tentang Kiev 1240 dan Bahgdad 1258. Foto ilustrasi: Tentara Rusia mendekati perbatasan Ukraina. 

TRIBUNTANGERANG.COM -- Pengepungan Kyiv, ibu kota Ukraina saat ini mengingatkan cerita tentang Kiev 1240 dan Bahgdad 1258.

Baik Kiev maupun Baghdad dikepung dan kemudian ditaklukkan, dihancurkan, penduduknya dibantai oleh para penakluk dari Timur, orang-orang Mongol.

Kali ini, Kyiv juga ditaklukkan oleh pasukan dari Timur: Rusia.

Setelah mengepung Kiev mulai 28 November 1240, pada tanggal 6 Desember 1240, pasukan Mongol di bawah pimpinan Batu Khan, memasuki kota Kiev.

Pada hari kesembilan pengepungan, tulis Rashid-ad-Din Hamadani, sebuah catatan versi Mongol, Kiev jatuh.

Batu Khan (1205-1255) adalah cucu Genghis Khan. Cucu Genghis Khan ini dikenal sebagai panglima militer yang hebat.

Ia lah yang memimpin pasukan Mongol menaklukkan wilayah-wilayah dari China hingga Persia.

Penaklukan Kiev ini sangat penting artinya bagi invasi pasukan Mongol. Sebab, setelah menaklukan Kiev, pasukan Mongol terus bergerak ke Barat.

Mereka menaklukkan Polandia, Hongaria, dan sejumlah negara Barat lainnya dalam invasi militer dari 1236-1241 (World History Incyclopedia).

Maka Alexander V Maiov (2016) menulis penaklukan Kiev menjadi salah satu peristiwa penting dalam invasi militer oleh tentara Batu Khan ke Barat.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved