Minyak Goreng

Harga Minyak Goreng Kemasan Tembus Rp 40.000 Per Dua Liter Usai Pemerintah Cabut HET

Di pasaran, harga minyak goreng kemasan langsung melonjak drastis usai pemerintah mencabut peraturan Harga Eceren Tertinggi (HET).

Wartakotalive.com/Gilbert Sem Sandro
Harga minyak goreng yang sebelumnya Rp 14.000 per liter, kini dijual Rp Rp 20.000 per liter. Foto dok: Kabid Humas Polda Banten, Kombes Shinto Silitonga mengungkapkan penimbunan minyak goreng kemasan sebanyak 24 ton. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA -- Gonjang ganjing minyak goreng dalam beberapa hari ini menyita perhatian berbagai kalangan, dari rakyat jelatan hingga elit kekuasaan.

Di pasaran, harga minyak goreng kemasan langsung melonjak drastis usai pemerintah mencabut peraturan Harga Eceren Tertinggi (HET).

Contohnya, harga minyak goreng yang sebelumnya Rp 14.000 per liter, kini dijual Rp Rp 20.000 per liter.

Video: Presiden Sidak Minimarket, Rak-rak Minyak Goreng Kosong

Store Manager Hypermart Puri Indah Muhammad Erick menerangkan, harga minyak goreng kemasan mengacu pada harga seperti saat belum ada subsidi dari pemerintah.

Pihaknya mengacu pada Surat Edaran Nomor 09 Tahun 2022 Tentang Relaksasi Penerapan Harga Minyak Goreng Sawit Kemasan Sederhana dan Kemasan Premium.

"Saat ini harga minyak goreng kemasan rata-rata Rp 40.000 per dua liter," ujar Erick saat dihubungi, Rabu (16/3/2022).

Baca juga: HARGA Minyak Goreng Jauh Lebih Murah di Pejagalan, Antrean Warga Membeludak

Erick menjelaskan, semenjak harga HET Rp 14 ribu per liter, pihaknya sangat dibatasi oleh distributor dalam pengiriman. Harga beli saat HET Rp 13.500 per liter.

"Untuk harga baru yang mulai efektif hari ini kita belum dapat update dari distributor dan stock yang ada kami jual hari ini masih menggunakan stock yang kemarin sore masuk ke toko," tutur Erick.

Begitu aturan per hari ini terbit, ucap Erick, harga dari distributor pun akan naik. Sebab, selama ini produsen dan distributor sebagian besar masih bermasalah dengan HET.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved