Banten

Andika Hazrumy Usul Pembentukan Koperasi Alumni Sekolah untuk Meningkatkan UMKM

Pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) jika dilakukan secara baik dan benar dapat ikut menumbuhkan perekonomian daerah.

istimewa
Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy saat mengikuti acara Reuni SMEA/SMK 17 Serang di Auditorium Kampus Untirta Sindangsari, Kota Serang, Banten, Senin (28/3/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) jika dilakukan secara baik dan benar dapat ikut menumbuhkan perekonomian daerah.

Hal itu dikemukakan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy.

Oleh karena itu, agar terjadi pertumbuhan angka UMKM atau jumlah pelaku UMKM perlu didorong munculnya UMKM-UMKM berkualitas.

Andika Hazrumy yakin, pembentukan koperasi di lingkungan alumni sekolah atau perguruan tinggi dapat memicu bertambah banyak jumlah pelaku UMKM.

“Untuk itu dengan jumlah alumni yang sedemikian banyak ini, saya kira akan lebih baik lagi kalau teman-teman alumni SMEA/SMK 17 Serang ini membentuk koperasi alumni,” kata Andika Hazrumy.

Dia mengatakannya seusai mengikuti acara Reuni SMEA/SMK 17 Serang di Auditorium Kampus Untirta Sindangsari, Kota Serang, Senin (28/3/2022).

Baca juga: Andika Hazrumy Usulkan Revitalisasi Sungai Cibanten Masuk RPJMN Ke Bappenas

Baca juga: Produk Kreatif Jakpreneur Hadir di Pameran UMKM Ajang MotoGP Mandalika 2022

Dalam acara tersebut dihadiri sekitar 1.000 alumnus SMEA/SMK 17 Serang dari angkatan 1982-2004.

Termasuk  pelawak senior dan mantan politisi Komar atau Nurul Qomar yang kini aktif di media sosial dengan nama Abah Qomar.

Menurut Andika Hazrumy, pembentukan koperasi dapat menambah pertumbuhan angka pelaku UMKM karena ada program-program bantuan dari lembaga koperasi sebagai dukungan dari sesama anggota koperasi.

Selain bantuan permodalan, kata dia, bantuan jaringan pemasaran hingga bantuan pelatihan ilmu mengembangkan usaha akan terjadi berkat koperasi. 

“Makanya saya selaku Wakil Gubernur Banten menunggu dibentuknya koperasi alumni SMEA/SMK 17 Serang ini."

"Nanti Pemprov Banten melalui Dinas Koperasi dan UMKM akan melakukan sinergi-sinergi,” ucapnya.

Baca juga: Ahmed Zaki Iskandar Dampingi Menteri Koperasi Tinjau Vaksinasi Booster 1.000 Pelaku UMKM di Cikupa

Baca juga: Program Membangkitkan Kembali UMKM Kota Tangerang saat Pandemi Covid-19

Dia menambahkan, meskipun berbagai pencapaian pembangunan mengalami keterlambatan akibat dampak pandemi Covid-19, namun indikator makro pembangunan tetap tumbuh .

Hal itu seiring semakian membaiknya penanganan pandemi Covid-19 melalui program vaksinasi dan program pembangunan kesejahteraan.

Andika Hazrumy berharap, segenap masyarakat Banten termasuk alumni SMEA/SMK 17 Serang turut membantu Pemerintah Daerah dalam membangun optimisme pemulihan ekonomi sesuai harapan. 

"Seraya berdoa semoga pandemi Covid-19 segera berakhir agar kita dapat menjalankan rutinitas sehari-hari dengan aman dan produktif seperti sedia kala,” ujarnya. 

Pemprov Banten, kata Andika, berharap sumbangsih dan partisipasi masyarakat Banten termasuk alumni SMEA/SMK 17 Serang dalam pembangunan daerah khususnya pemberdayaan masyarakat.

Masyarakat diharapkan dapat memberikan masukan terkait program pembangunan untuk penyempurnaan program dan kegiatan pembangunan yang dilakukan Pemerintah Provinsi Banten. 
 
 
 
 
 


  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved