Masker

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah Tekankan Bila Tubuh Kurang Fit Tetap Pakai Masker

Pemkot Tangerang Harap Masyarakat Bijak Tanggapi Aturan Lepas Masker yang Ditetapkan Presiden Joko Widodo

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah minta warga yang kurang fit tetap pakai masker 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG  -- Presiden RI Joko Widodo resmi mengizinkan masyarakat untuk tidak menggunakan masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Pelonggaran protokol kesehatan tersebut dilakukan seiring dengan kondisi Pandemi Covid-19 yang terus membaik di Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kota Tangerang turut mendukung keputusan yang disampaikan oleh Presiden Jokowi.

Wali Kota Tangerang Arief Wismansyah mengatakan, pelonggaran prokes tersebut membuktikan kondisi penyebaran Covid-19 di Indonesia, khususnya kota-kota besar dalam kondisi yang terkendali.

Baca juga: Tanggapan Buruh soal Buka Masker telah Diperbolehkan Presiden RI Joko Widodo

"Pemkot Tangerang mendukung kebijakan dari Bapak Presiden Joko Widodo yang melonggarkan prokes Covid-19, karema pastinya kebijakan ini diterapkan berdasarkan pada data, kondisi serta saran dari berbagai pihak," ujar Arief Wismansyah kepada awak media, Rabu (18/5/2022).

Masyarakat diizinkan melepas masker di ruang terbuka, kecuali di ruangan tertutup, bagi kelompok masyarakat rentan dan saat menggunakan transportasi publik.

"Dipersilahkan kepada masyarakat tidak memakai masker selama berada atau beraktivitas di tempat terbuka," kata Arief.

"Kalau memang yakin merasa kondisi tubuhnya sedang sehat, ya dipersilahkan tidak memakai masker," imbuhnya.

Baca juga: Ariza Bilang, Kebijakan Buka Masker Menandai Jakarta dan Indonesia Semakin Membaik Masalah Covid-19

Kendati demikian Arief mengharapkan, agar masyarakat Kota Tangerang dapat menyikapi kelonggaran aturan yang disampaikan oleh pemerintah pusat secara bijak.

Menurutnya, masyarakat yang sedang merasa kondisi tubuh sedang tidak fit dan mengalami gejala batuk ataupun pilek, lebih baik tetap menggunakan masker.

Hal tersebut dilakukan, demi menjaga kesehatan bersama, serta menghindari hal yang tidak diinginkan, seperti terpapar Covid-19.

"Akan tetapi apabila ada masyarakat yang sedang bergejala pilek atau batuk ya lebih baik tetap pakai masker, untuk menjaga bersama," tuturnya.

Baca juga: Pengguna Transportasi Publik Masih Wajib Pakai Masker, Pelonggaran untuk Kegiatan di Luar Ruangan

"Karena virus Covid-19 masih ada dan masih tetap harus diwaspadai, karena mencegah lebih baik daripada terpapar," terangnya.

Kemudian Arief pun menuturkan, penyebaran  kasus Covid-19 di Kota Tangerang dinilai dalam kondisi yang terkendali.

Menurutnya, hal tersebut ditandai dengan semakin melandainya angka masyarakat yang terpapar Covid-19 berdasarkan data kasus harian.

"Beberapa hari terakhir bahkan sempat tidak terjadi penambahan kasus, meskipun masih ada yang sedang positif Covid-19" ucapnya.

"Jadi silahkan masyarakat menanggapi dengan bijak kebijakan ini, demi keselematan dan kesehatan bersama seluruh warga Kota Tangerang," jelas Arief Wismansyah. (M28)

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved