Capres 2024

PKS Utamakan Usung Capres Internal, Buka Pintu untuk Koalisi dengan Parpol Lain

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) membuka diri untuk koalisi dan akan memprioritaskan tokoh internal PKS untuk diusung menjadi calon presiden 2024

Penulis: Ign Prayoga | Editor: Ign Prayoga
Tribunnews.com/Rizki Sandi Saputra
[kiri ke kanan] Sekretaris Jenderal (Sekjen) PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi bersama Presiden PKS Akhmad Syaikhu dan Jubir PKS Almuzamil Yusuf saat jumpa pers usai rapimnas PKS di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (21/6/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA -- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan memprioritaskan tokoh internal partai untuk diusung menjadi calon presiden 2024.

Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi menyampaikan bahwa pihaknya memang memiliki banyak tokoh internal yang bisa diajukan menjadi capres. Namun, Aboe Bakar mengakui tokoh-tokoh tersebut belum tentu disukai masyarakat.

"Kita akan mendahulukan internal sebenarnya, tapi apakah internal nendang atau tidak itu (nanti) kita lihat," kata Aboe di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

PKS juga menyatakan terbuka untuk menjalin koalisi dengan partai politik manapun dalam menyambut kontestasi Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: Di Acara Rakernas PDIP, Jokowi Terima Potongan Tumpeng Ulang Tahun dari Megawati

Baca juga: Gerindra dan PKB Sepakat Kerja Sama, Syarat untuk Usung Capres Terpenuhi

Juru Bicara PKS Al Muzammil Yusuf mengatakan, kerja sama tersebut dilakukan atas kesadaran para pihak. "Kami ingin memastikan mitra koalisi kami nanti tidak ada konstrain (batasan) atau paksaan bermitra dengan kami," ucap Yusuf saat jumpa pers di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (21/6/2022).

Terlebih kata Yusuf, setiap partai di dalam koalisi nantinya akan menawarkan calon presiden.

Oleh karenanya, dalam waktu dekat ini, pihaknya akan melakukan penjajakan atau diskusi politik terlebih dahulu ke beberapa partai untuk menyamakan visi dan misi.

Penjajakan sekaligus diskusi politik itu juga kata dia sebagai upaya untuk memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) 20 persen.

"Sehingga diamanatkan pada kami mendahulukan dialog pembentukan 20 persen presidential threshold dipenuhi," ujar dia.

Sebelumnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah resmi menutup rapat pimpinan nasional (rapimnas) tahun 2022.

Dalam Rapimnas ini, PKS mengungkap kriteria bakal calon presiden dan wakil presiden yang bakal diusung di Pilpres 2024. Setidaknya ada 6 kriteria yang harus dipenuhi oleh figur tersebut.

Hal itu diungkapkan Presiden PKS Ahmad Syaikhu seusai menyelesaikan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) 2022. Dalam acara itu, DPP PKS turut mengundang sejumlah perwakilan 34 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) di Indonesia.

"Berbagai aspirasi dan usulan DPW PKS se-Indonesia terkait bakal calon presiden dan calon wakil presiden mengusulkan nama-nama bakal capres dan cawapres kepada Majelis Syuro PKS," kata Syaikhu di Hotel Grand Sahid, Jakarta, Selasa (21/6/2022).

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved