Kampung Demokrasi

Ini Pertimbangan RW 01, Kelurahan Larangan Utara, Kota Tangerang Didapuk jadi Kampung Demokrasi

KPU Kota Tangerang melaunching Kampung Demokrasi, yang berlokasi di RW 01, Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang melaunching Kampung Demokrasi, yang berlokasi di RW 01, Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG  - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang melaunching Kampung Demokrasi, yang berlokasi di RW 01, Kelurahan Larangan Utara, Kecamatan Larangan, Kota Tangerang.

Kampung Demokrasi diresmikan langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kota Tangerang, Rakhmansyah beserta jajaran KPU Provinsi Banten dan KPU Kota Tangerang, serta dihadiri puluhan warga sekitar di Kampung Demokrasi

Ketua KPU Kota Tangerang, Ahmad Syailendra mengatakan, pembentukan kampung demokrasi di Kota Tangerang dilakukan, guna meningkatkan kualitas dan kuantitas partisipasi pemilih di Kota Tangerang.

"Diluncurkannya kampung demokrasi ini agar seluruh masyarakat, dapat memiliki semangat dalam dunia politik, tidak golput saat proses Pemilu dan Pilkada serentak pada 2024 mendatang," ujar Ahmad Syailendra dalam keterangannya, Minggu (26/6/2022).

Baca juga: KPU Kota Tangsel: Memilih Bukan Sekedar Ritual Politik Lima Tahunan

Baca juga: Ketua KPU Kota Tangsel Tegaskan Meski Memiliki e-voting, Namun Belum akan Digunakan di Pemilu 2024

"Sehingga jumlah pemilih Kota Tangerang khususnya anak remaja bisa maksimal," sambungnya.

Selain kampung demokrasi yang berada di Larangan Utara, KPU juga akan melaunching kampung demokrasi lainnya, di Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Jatiuwung. 

"Dua wilayah ini kita pilih, karena kepadatan penduduk dibanding wilayah lainnya. Dengan harapan, dapat menjadi percontohan bagi wilayah lainnya," kata dia.

"KPU juga berkolaborasi dengan Disdukcapil dengan menghadirkan layanan pembukaan e-KTP atau sekadar menjadi layanan diskusi masyarakat terkait kebutuhan administrasi kependudukan menjadi pemilih," katanya. 

Baca juga: KPU RI mensyaratkan Anggota KPPS, PPS, dan PPK Maksimal Berusia 50 Tahun

Baca juga: Ketua KPU RI Hasyim Asyari Ungkap Tahapan Pemilu Akan Dimulai Pada 14 Juni 2022

Menanggapi hal ini, Ketua RW 01 Kelurahan Larangan Utara, Irwan menambahkan, masyarakat dan jajaran RT cukup antusias dengan program kampung demokrasi tersebut.

Menurutnya, masyarakat kampung demokrasi dapat menjadi perpanjangan KPU untuk menolak politik uang, hoax hingga isu sara. 

"Pastinya, kami berharap dapat membuka wawasan yang lebih luas terkait dunia politik pada kalangan remaja, sebagai penerus bangsa Indonesia nantinya," ucapnya.

"Semoga Larangan Utara dapat menjadi contoh bagi wilayah lainnya di Kota Tangerang," terang Irwan. (M28)

 

  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved