Berita Jakarta Raya

Tugu 66 yang sebelumnya Berada di kawasan Jalan HR Rasuna Said, kini Dipindah ke Taman Menteng

Tugu 66 yang sebelumnya berlokasi di kawasan Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan sejak tahun 1992 kini dipindah di Taman Menteng, ini alasannya

Tribun Tangerang/Leonardus Wical Zelena Arga
Peresmian relokasi Tugu 66 oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan di Taman Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (5/10/2022). 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri sekaligus meresmikan relokasi Tugu 66 yang sebelumnya berlokasi di kawasan Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan sejak tahun 1992.

Sekarang tugu tersebut telah berdiri kokoh di lokasi baru yakni Taman Menteng, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, pada Rabu (5/10/2022).

Proses peresmian tersebut juga dihadiri oleh tokoh-tokoh pergerakan mahasiswa angkatan 66, seperti Akbar Tanjung, Laskar Ampera, Anggota DPD RI perwakilan DKI Jakarta, Fahira Idris, BEM Nusantara, serta unsur Organisasi Perangkat Daerah terkait.


Dalam kesempatan tersebut, Anies mengatakan bahwa fungsi dari kehadiran Monumen Tugu 66 salah satunya adalah menjadi peringatan terkait perjalanan sejarah Republik Indonesia. 

Maka, seiring perjalanan waktu, dilaksanakannya proyek pembangunan LRT di kawasan Rasuna Said, visual Tugu 66 menjadi tidak terlalu terlihat. 

Sehingga menurut Anies, dinilai tidak begitu representatif lagi apabila lokasi tetap dipertahankan di lokasi awal.

"Melalui Dinas Kebudayaan DKI Jakarta, kami menerima tanggung jawab tugas (relokasi ini). Di pemerintahan, memang proses itu mengikuti seluruh prosedur, serta bertahap," ujar Anies.

Proses panjang itu akhirnya tuntas dan sudah terelokasi di lokasi tersebut.

Baca juga: Intip Proses Renovasi Taman Mini Indonesia Indah, SnowBay Digantikan Parkiran Kendaraan Empat Lantai

Baca juga: Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Capai Rp1,4 Triliun, Diharapkan jadi Rumah Pertunjukan Kelas Dunia

Di samping itu, Anies juga mengapresasi inisiasi Almarhum dr Fahmi Idris yang menyarankan kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta saat itu, untuk memindahkan tugu tersebut ke lokasi baru yang lebih layak. 

Kemudian, dipilih Taman Menteng sebagai titik baru penempatan Monumen Tritura (Tiga Tuntutan Rakyat) atau Tugu 66

"Atas kerja sama berbagai pihak, pemindahan Tugu 66 dari Jalan Rasuna Said ke Taman Menteng berhasil direalisasikan. Terima kasih kepada semua yang terlibat selama ini bekerja bersama dengan kami di pemprov untuk menuntaskannya," ucap Anies.

Anies menjelaskan bahwa project tersebut dikerjakan secara kolaborasi, mulai dari Dinas Kebudayaan, Dinas Pertamanan dan Hutan Kota, juga Dinas Bina Marga.

Baca juga: 5 Taman Jakarta Ini Cocok Jadi Alternatif Wisata Termasuk untuk Bermalam Minggu

Anies berharap dengan adanya lokasi baru tempat Tugu tersebut berdiri, akan memudahkan siapapun untuk melihat bagian dari sejarah perjalanan Republik Indonesia, sembari menikmati keindahan ruang ketiga di pusat Jakarta yakni Taman Menteng.

"Dengan berada di tempat ini, maka orang berjalan kaki mampir, anak-anak mampir dan biarkan nanti keluarga-keluarga yang membawa anak-anaknya membaca kisah ini (yang tertulis di tugu tersebut)," kata Anies.

Anies menjelaskan, mereka (keluarga) akan terinspirasi dengan mengatakan pada sebuah masa di mana anak-anak muda tak pilih menonton, tak pilih diam, tapi memilih bergerak dan melakukan perubahan (pada tahun 1966). (m36)

 

Sumber: Warta Kota
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved