Wawancara Eksklusif

Ngurus Paspor Pulang Ngantor, Berikut Ragam Inovasi Pelayanan Paspor Imigrasi Bandara Soetta

Program Soeta Lestari merupakan pembuatan paspor sepulang ngantor atau pukul 16.30 WIB sampai 18.00 WIB. Program ini berlaku pada Selasa dan Kamis

Penulis: Gilbert Sem Sandro | Editor: Jefri Susetio
WARTAKOTALIVE.COM/TRIBUNTANGERANG.COM/ Yulianto
Kepala Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Muhammad Tito Andrianto, saat dikunjungi Warta Kota-Tribun Network di Kantor Imigrasi Soetta, Tangerang, Banten, Senin (5/12/2022). Warta Kota/YULIANTO 

TRIBUNTANGERANG.COM - Kepala Kantor Imigrasi Kelas-1 Khusus Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Soekarno-Hatta, Muhammad Tito Andrianto meluncurkan berbagai inovasi pelayanan terhadap masyarakat. Satu di antaranya program Soeta Lestari.

Program Soeta Lestari merupakan pembuatan paspor sepulang ngantor atau pukul 16.30 WIB sampai 18.00 WIB. Program ini berlaku hanya hari Selasa dan Kamis saja.

Selain itu, Tito juga membuat spanduk dan banner besar dengan tulisan "laporkan jika terjadi kendala dalam pelayanan kami"

Baca juga: Alasan Kepala Imigrasi Soetta Cantumkan Nomor Ponsel di Banner dan Spanduk, Ponsel Aktif 24 Jam

Pada banner dan spanduk yang beredar di lingkungan kantor Imigrasi itu ia menyertakan nomor ponselnya.

Pada wawancara eksklusif bersama Tribun Network (Harian Warta Kota-TribunTangerang.com), Tito membeberkan berbagai terobosan yang dilakukan untuk memudahkan masyarakat mendapatkan akses pelayanan.

Berikut rangkuman wawancara eksklusif Wakil Direktur Pemberitaan Tribun Network-Pemimpin Redaksi Warta Kota, Domu D Ambarita bersama Muhammad Tito Andrianto pada Senin (5/12/2022).

 

Tribun : Luas biasa transparan sekali ini dan cocok dengan Pak Jokowi. Saya ingat tahun 2014 ketika kami mendirikan Tribun Bali, laporan kami seingat saya, menteri dulu datang ke sana diduga ada pungutan liar (pungli) makanya tadi saya singgung disdukcapil karena banyak orang butuh cepat. Apakah Bapak menemukan tindakan-tindakan tidak terpuji dari staf?

Tito : Kebetulan kita dalam proses pembuatan paspor, tadi Bapak sampaikan bahwa pembuatan paspor itu di kalangan menengah. Tidak, jadi setiap warga negara berhak melakukan perjalanan pengguna paspor. Dan kedua terkait dengan pungli atau calo atau apapun, kita sekarang di imigrasi ada pendaftaran melalui online paspor.

Jadi masyarakat lebih gampang dan ketiga bilamana masyarakat ingin paspornya selesai satu hari, kita ada namanya percepatan paspor. Masyarakat datang ke kantor imigrasi pagi hari jam 9 (pukul 09.00 WIB) sampai jam 11 (pukul 11.00 WIB) dengan membayar percepatan Rp 1 juta + buku paspor masyarakat bisa menikmati dan mendapatkan paspor itu di hari yang sama.

Tribun : Satu hari selesai?

Tito : Satu hari, di hari yang sama.

Tribun: Dijamin itu ya?

Tito : Insya Allah kalau tidak ada gangguan apapun, bisa selesai. Tapi, gangguannya sedikitlah mayoritas bisa selesai. Sehingga mungkin dengan Dirjen Imigrasi membuatkan aplikasi dan sistem percepatan sehingga yang disebutkan calo atau apapun pada imigrasi bisa hilang.

Halaman
1234

Ikuti kami di

AA
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved