Natal dan Tahun Baru

5 Tujuan Favorit Penumpang Bandara Soekarno Hatta Selama Libur Natal dan Tahun Baru 2023

Lima tujuan penerbangan domestik menjadi favorit penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta selama arus mudik libur Natal dan Tahun Baru.

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Ilustrasi Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang. Masyarakat terbang dari Bandara Soekarno Hatta menuju lima bandara favorit selama libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Lima tujuan penerbangan domestik ini menjadi favorit bagi penumpang di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Kota Tangerang, selama arus mudik libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Rute penerbangan favorit itu berdasarkan jumlah penumpang terbanyak yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta.

Kelima bandara menjadi tujuan favorit dari Bandara Soekarno Hatta yakni Bandara Silangit Siborong-borong, Bandara Kualanamu Medan, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Bandara Juanda Surabaya dan Bandara Ngurah Rai Bali.

Menurut Executive General Manager KCU Bandara Soekarno-Hatta, Dwi Ananda Wicaksana, PT Angkasa Pura II memprediksi puncak arus mudik periode Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Bandara Soekarno Hatta akan terjadi mulai Jumat (23/12/2022) hingga Kamis (5/1/2023).

"Berdasarkan proyeksi kami, pada periode Nataru ini terdapat lima tujuan favorit penerbangan domestik, yakni Silangit, Medan, Makassar, Surabaya serta Denpasar," ujar Dwi Ananda Wicaksana, Selasa (20/12/2022).

Dia menambahkan, ada beberapa alasan yang menyebabkan lima bandara tersebut menjadi tujuan favorit masyarakat. Mulai dari menjalani aktivitas mudik atau pulang ke kampung halaman hingga berlibur.

Pasalnya, momen libur Nataru pada tahun ini bertepatan dengan hari libur sekolah sehingga masyarakat cenderung akan memilih tempat-tempat yang banyak destinasi wisata.

"Selain masyarakat yang merayakan Hari Raya Natal 2022, peningkatan penumpang kali ini diperkirakan berbarengan dengan masyarakat yang ingin berlibur, karena kebetulan libur anak-anak sekolah waktunya juga sama," kata dia.

"Oleh karena itu Denpasar, Bali, turut menjadi tujuan favorit masyarakat yang akan berwisata," ujarnya.

Sementara itu, Singapura dan Thailand menjadi tujuan favorit masyarakat yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta menuju luar negeri.

Namun, Dwi Ananda Wicaksana tidak memaparkan lebih detail data jumlah penumpang yang diprediksi akan memilih 5 rute favorit tersebut.

"Kalau untuk penerbangan internasional, rute favoritnya masih di negara-negara Asia Tenggara, seperti Singapura dan Thailand," ujarnya.

Saat ini, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta berkisar 120.000-130.000 orang per hari.

Sedangkan pada Jumat (16/12/2022) lalu, jumlah itu meningkat hingga sekitar 140.000 orang dalam satu hari.

Nantinya, selama puncak arus mudik dan liburan Nataru 2022-2023, pergerakan penumpang di Bandara Soekarno Hatta diperkirakan melonjak, hingga mencapai 159.000 penumpang per hari. 

Baca juga: Bandara Soekarno Hatta Siapkan 2.700 Penerbangan Tambahan Antisipasi Lonjakan Penumpang saat Nataru

Baca juga: Posko Utama Nataru 2023 di Terminal IB Bandara Soetta, TNI-Polri Turut Amankan Arus Mudik dan Balik

  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved