Virus Corona

DAFTAR Rujukan Rumah Sakit Pasien Covid-19 di Jakarta Saat PPKM Level 3

Pemerintah berlakukan PPKM level 3 hari Selasa 8 Februari 2022, lalu bagaimana ketersediaan tempat tidur untuk pasien covid dan rumah sakit rujukan?

Tribun Tangerang/Gilbert Sem Sandro
Foto ilstrasi: Puskesmas Panunggangan Barat disiapkan sebagai lokasi Rumah Isolasi Terkonsentrasi (RIT) pasien Covid-19. 

TRIBUNTANGERANG.COM, JAKARTA - Situasi pandemi Covid-19 di Jakarta semakin memburuk. Bahkan pemerintah kembali menaikkan pada PPKM Level 3 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, sejumlah daerah aglomerasi akan berstatus Level 3 dalam perpanjangan PPKM mulai 8 Februari 2022. 

"Berdasarkan level asesmen, aglomerasi Jabodetabek, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta), Bali, dan Bandung Raya akan ke Level 3," kata Luhut dalam konferensi pers tentang evaluasi PPKM secara daring, Senin (7/2/2022).

Video: Sedang Hamil Besar, Siti Badriah Positif Covid-19

Pemerintah bakal menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Level 3 di wilayah Jabodetabek, Bandung Raya, DIY, dan Bali.

Jumlah pasien Virus Corona (Covid-19) di Indonesia bertambah 26.121 orang, per Senin (7/2/2022).

Sehingga, hari ini total ada 4.542.601 kasus positif. Hal itu seperti dikutip Wartakotalive dari laman covid19.go.id.

Baca juga: Mayoritas Pasien Covid-19 di Kota Tangerang Tanpa Gejala Jalani Isolasi Mandiri

Baca juga: Dalam Waktu 4 Hari Rumah Isolasi Terkonsentrasi Batusari Kota Tangerang Tampung 31 Pasien Covid-19

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, tingkat keterisian tempat tidur rumah sakit atau bed occupancy ratio (BOR) di rumah sakit rujukan Covid-19 di Ibu Kota mengalami penurunan.

Menurut dia, saat ini BOR sebesar 62 persen sebelumnya BOR di DKI mencapai angka 63 persen.

"Terkait rumah sakit ada peningkatan jadi 62 persen, sebenarnya turun karena kemarin 63 sekarang dari 5.818 yang disiapkan terpakai 3.631," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (7/2/2022).

Riza menegaskan, Pemprov DKI selalu mampu untuk menambah kapasitas rumah sakit dan tempat tidur ICU apabila nantinya diperlukan.

Baca juga: Ruang Rawat untuk Pasien Covid-19 di RSUD Kota Tangerang Terisi 70 Persen

Oleh karena itu, ia meminta masyarakat untuk tidak khawatir dengan tingkat keterisian rumah sakit di Jakarta.

"Jadi sekali lagi kami memastikan adanya peningkatan sarana prasarana, rumah sakit, puskesmas kecamatan, tenaga kesehatan, oksigen, masker, APD semuanya kebutuhan terkait covid kami pastikan siap di DKI," ujarnya.

Berikut ini merupakan daftar rumah sakit rujukan Covid-19 berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor HK.01,07/MENKES/169/2020 dan Keputusan Gubernur Nomor 14 Tahun 2021:

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di

    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved