Edukasi

Waspadai Benjolan yang Tidak Sakit yang Muncul di Payudara, Pastikan Segera Kanker atau Bukan

Kanker payudara menjadi kanker terbanyak di Indonesia serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker. 

Penulis: | Editor: Lilis Setyaningsih
istimewa/YKPI
kanker payudara di Indonesia banyak datang ke fasilitas kesehatan dalam kondisi lanjut 

TRIBUNTANGERANG.COM, TANGERANG - Kanker payudara menjadi kanker terbanyak di Indonesia serta menjadi salah satu penyumbang kematian pertama akibat kanker. 

Data Globocan tahun 2020, jumlah kasus baru kanker payudara mencapai 68.858 kasus (16,6 persen) dari total 396.914 kasus baru kanker di Indonesia. Sementara untuk jumlah kematian mencapai lebih dari 20.000 jiwa kasus. 

Kematian akibat kanker payudara salah satunya disebabkan datang ke fasilitas kesehatan dalam stadium lanjut. Padahal bila terdeteksi dini, selain kematian bisa dicegah, biaya yang dikeluarkan juga menjadi lebih ringan. 

Ketua Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Linda Gumelar mengatakan, sebenarnya dibandingkan kanker lainnya, kanker payudara lebih mudah terdeteksi. Ketika ditemukan benjolan di payudara bisa teraba apalagi rutin melakukan Sadari (Periksa payudara sendiri) dan Sadanis (periksa payudara klinis) yang dilakukan oleh tenaga kesehatan. 

Baca juga: Dukungan pada Pengidap Kanker agar Tetap Memancarkan Aura Positifnya di Setiap Kesempatan

Sadari sangat mudah dilakukan dengan syarat : dilakukan dengan cara yang tepat, rutin, disiplin dan bila ada benjolan yang menetap dan tidak sakit segera periksakan ke fasilitas kesehatan terdekat.

"Kanker payudara stadium lanjut dapat dicegah bila ditemukan dalam stadium awal dan ingat bahwa tidak semua benjolan di payudara adalah kanker," ujar Linda di acara virtual Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara Kerjasama YKPI & IKKT Pragati Wira Anggini, belum lama ini 

Dokter spesialis bedah onkologi, sekaligus Ka. Instalasai Deteksi Dini dan Promosi Kesehatan RS Kanker Dharmais dr. Bob Andinata mengatakan, ketika ditemukan benjolan yang tidak terasa sakit harus segera dicurigai adanya kanker. 

Walaupun benjolan itu sebagian besar bukan kanker, tapi kista. Kista ini lebih banyak disebabkan faktor hormonal. Hanya sebagian kecil terjadi kanker. 

Baca juga: Cegah Kanker Payudara, Lakukan Sadari Secara Kontinu Hari ke 7-10 dari Menstruasi Hari Pertama

Kista ini biasanya muncul pada perempuan diusia 20 tahunan dan 30 tahunan, serta wanita yang mengalami menopause. 

Dr Bob yang  pengurus YKPI ini mengatakan, ketika sehabis haid, ditemukan adanya benjolan yang tidak terasa sakit di bulan pertama masih bisa ditunggu bulan berikutnya. Walaupun sangat disarankan ketika ditemukan benjolan langsung ke fasilitas kesehatan. 

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    AA
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved